Tips Memilih Bantal Duduk Agar Merasa Nyaman

Tips Memilih Bantal Duduk Agar Merasa Nyaman

Bantal duduk merupakan bantal yang kegunaan utamanya adalah untuk dijadikan alas untuk duduk. Bantal duduk biasanya digunakan bagi mereka yang senang duduk lesehan. Adanya bantal duduk ini memberikan orang-orang kenyamanan untuk duduk dalam waktu yang lama tanpa harus mengkhawatirkan adanya rasa pegal saat duduk.

Duduk dilantai alias duduk secara lesehan merupakan cara yang sering dipilih untuk orang-orang. Biasanya, mereka yang duduk lesahan akan merasa lebih nyaman dengan posisi tersebut serta juga karena dapat bebas bergerak sesuai dengan keinginan hati mereka. Bagi mereka pekerja kantor yang sering duduk di kursi dalam jangka waktu yang lama, duduk lesehan dengan menggunakan bantal duduk akan menjadi cara istrahat yang membuat Anda nyaman untuk nantinya kembali bekerja dengan duduk di kursi dalam waktu yang lama.

Jika Anda duduk langsung dilantai, terkadang akan tetap merasakan sakit terutama dibagian belakang (bagian pantat). Hal tersebut dikarenakan Anda daduk dalam waktu yang lama di tempat yang memiliki kontur keras. Untuk mengatasi hal tersebut, duduk lesehan kiranya akan menjadi lebih nyaman dengan menggunakan bantal duduk. Dengan adanya bantal duduk, kontur tempat untuk menyandarkan bagian pantat untuk duduk akan menjadi lebih empuk serta tentu saja menjadi lebih nyaman. Walau biasanya digunakan untuk lesehan, bantal duduk juga ternyata dapat digunakan di kursi agar kursi makin terasa lebih empuk.

pixabay.com

Memilih Berdasarkan Unsur Bahan Dasar

Memilih bantal duduk berdasarkan bahan dasar baik untuk sisi luar atau dalam bantal adalah hal yang sangat penting. Tingkat kenyamanan juga dipengaruhi oleh bahan dasar yang digunakan dalam mebuat bantal duduk ini. Oleh karena itu, memilih unsur bahan dasar menjadi salah satu hal yang penting.

  1. Bahan Dasar yang Tebuat Dari Busa

Dalam membeli bantal duduk, bahan dasar baik luar maupun dalam sebaiknya perlu diperhatikan. Sebelum membeli bantal duduk, cari tahu terlebih dahulu bahan dasar apa di bagian luar dan dalam dari bantal tersebut. Bahan dasar untuk isi dari bantal yang baik biasanya terbuat dari busa. Sifat busa sendiri adalah lentur serta membuat bantal tidak gampang kempis. Isi bantal yang berbahan busa juga akan lebih awet jika dibandingkan dnegan bahan lainnya. Jika bantal terlihat kempis, bahan busa akan memberikan keuntungan sendiri. Cukup jemur bantal tersebut di bawah sinar matahari. Dengan dijemurnya bantal di bawah sinar matahari, bantal yang berbahan busa yang awalnya kempis akan dapat mengembang dan kembali ke ukuran dan bentuknya semula. Bantal dengan bahan ini akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk dapat merawat karena fleksibilitasnya.

  1. Cover Bantal Sebaiknya Berbahan Dasar Katun

Tidak hanya memperhatikan isian dari bantal duduk, sebaiknya Anda juga memperhatikan cover atau penutup bantal duduk yang digunakan. Perhatikanlah bahan dasar dari cover bantal. Jika memumgkinkan, sebaiknya gunakan cover atau penutup bantal duduk yang berbahan dasar katun. Kenapa katun? Katun adalah bahan dasar yang dapat menyerap keringat. Selain dapat menyerap keringat, cover bantal yang berbahan dasar katun juga memiliki sifat dingin dan tidak gampang panas. Tidak hanya itu, cover bantal dengan bahan dasar katun akan lebih mudah dibersihkan jika dibanding bahan-bahan yang lainnya. Hal tersebut akan memudahkan Anda agar dapat memberikan kesan bahwa bantal duduk yang Anda gunakan selalu terlihat bersih.

pixabay.com

Memilih Berdasarkan Unsur Kegunaan Dan Estetika

Jika telah memilih berdasarkan dengan bahan dasar, hal lain yang harus diperhatikan adalah dari segi kegunaan dan juga estetika. Bukan menjadi hal utama, namun tetap harus diperhatikan karena kenyamanan dan juga nilai seni dapat terlihat dari sini.

  1. Dapat Memberikan Estetika Lebih Untuk Ruangan

Bantal duduk sendiri dapat memiliki fungsi lain selain memberikan kenyamanan ketika duduk diatasnya. Bagi mereka yang menyukai estetika atau tampilan yang menarik, bantal duduk dengan berbagai motif akan menjadi salah satu solusi pemuas rasa keinginan akan estetika ruangan yang baik. Untuk memberikan sentuhan estetika pada ruangan, sebaiknya pilihlah bantal duduk dengan motif atau warna yang memberikan penampilan menarik bagi ruangan Anda. Anda dapat menggunakan motif yang sesuai dengan interior ruangan, atau juga dapat memesan bantal duduk dengan desain atau motif kostum sehingga menyesuaikan dengan permintaan Anda. Semua itu dapat dilakukan dengan tujuan memberikan sentuhan seni terhadap ruangan. Namun, tetap pastikan unsur kenyamanan pada bantal sebelum memberikan sentuhan unsur seni berupa desain dan juga motif untuk bantal duduk yang Anda gunakan.

  1. Sesuaikan Ukuran Dengan Kebutuhan

Perlu diperhatikan masalah kegunaan bantal duduk yang Anda hendak beli. Ketahuilah terlebih dahulu untuk apa bantal duduk tersebut. Maksudnya adalah apakah bantal tersebut akan digunakan untuk melapisi kursi atau digunakan untuk lesehan. Kedua hal tersebut memiliki konteks yang berbeda. Jika Anda hendak menggunakan bantal duduk di kursi atau sofa, Anda tentu saja akan menggunakan bantal duduk yang relatif lebih kecil dan juga tentunya lebih tipis. Hal tersebut karena kursi atau sofa sudah memiliki ketebalan pijakannya tersendiri. Akan terasa aneh jika kemudian ditambahkan dengan bantal dengan ukuran yang lebih besar. Jika Anda hendak menggunakan bantal duduk untuk lesehan atau berbaring di lantai, Anda dapat memilih bantal dengan ukuran dan tingkat ketebalan yang lebih besar dibandingkan dnegan lapisan kursi.

Custom pillow cover atau sarung bantal kostum juga dapat Anda pesan. Dengan menggunakan sarung bantal sesuai dengan keinginan sendiri, tentu saja akan ada nuansa berbeda yang terasa ketika sedang menggunakan bantal tersebut. Posterinvation.com dapat menjadi referensi ketika Anda hendak memilih sarung bantal kostum untuk bantal duduk Anda. Bantal yang nyaman akan memberikan rasa nyaman pula terhadap orang yang menggunakan bantal tersebut untuk duduk, terutama bagi mereka yang dalam menghilangkan rasa letih dan juga nyeri di badan.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *