Bentuk Daun Mangga

Bentuk Daun Mangga

Mangga adalah nama sejenis buah yang sangat populer dan diminati banyak orang di Indonesia. Selain pohonnya yang memiliki ciri khas tinggi besar dan berakar ke luar, pohon ini juga terkenal memiliki buah yang enak dan banyak sekali kandungan baiknya. Sehingga, tak heran jika buah mangga sangat diminati dan dicari banyak orang.

Perawakan pohon mangga terkenal besar dan rindang. Bahkan, saking besarnya, pohon ini bisa mencapai tinggi hingga 40 meter. Meski memang kebanyakan pohon mangga yang dipelihara di rumah-rumah tingginya sekitar 10 meteran. Namun, jika ditanam di lahan yang sangat luas, tinggi batangnya dan panjang akarnya bisa membuat siapa saja takjub. Mari kita bahas pohon mangga secara morfologis.

Morfologi Pohon Mangga

Secara morfologi, pohon mangga terdiri dari batang, akar, daun, dan bunga. Batang mangga tegak, bercabang kuat, dan daun pohon mangga berbentuk kubah dan sangat lebat. Kulit batangnya tebal dan kasar dengan memiliki banyak celah kecil dan sisik bekas tangkai daunnya. Warna batang pohon mangga yang sudah tua biasanya keabuan hingga cokelat tua nyaris hitam.

Pohon mangga memiliki akar tunggang yang muncul di permukaan tanah dan bercabang-cabang sangat panjang. Panjang akarnya bahkan bisa mencapai 6 meter. Semakin ke bawah cabang akar pohon mangga semakin sedikit. Cabang akar yang paling banyak, terdapat pada kedalaman kurang lebih 30 sampai 60 cm dari permukaan.

Sementara itu, bentuk daun mangga terlihat lebih lebar dan panjang. Pada bagian pangkalnya terlihat membesar dan pada sisi sebelah atasnya ada alur. Panjangnya bervariasi, mulai dari 1,25 sampai 12,5 cm. Letaknya tersebar, tanpa daun penumpu. Biasanya letak daun pada batang jarang-jarang, namun semakin ke ujung letaknya semakin berdekatan hingga rapat-rapat dan membuat teduh.

Helai daunnya sendiri bervariasi, namuan kebanyakan berbentuk jorong dan lanset. Warnanya cukup mudah dibedakan dengan tumbuhan lainnya. Sebab, daun pohon mangga memiliki warna hijau tua pekat dan berkilap dengan bentuk tepi yang bergelombang. Jadi, sangat mudah dikenali.

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *