Bukit Kayangan dan Bukit Lawang, Bukit di Sumatera yang Mempesona

Bukit Kayangan dan Bukit Lawang, Bukit di Sumatera yang Mempesona

Berbicara tentang Pulau Sumatera, banyak sekali gunung yang terdapat di pulau ini. Pulau yang terkenal dengan deretan pegunungannya ini menyimpan banyak sekali keindahan sebagai asetnya. Pulau Sumatera memiliki deretan pegunungan yang membentang sepanjang pulau mulai dari Aceh hingga Lampung. Deretan pegunungannya disebut Pegunungan Bukit Barisan.

Pegunungan Bukit Barisan tak hanya menyimpan berbagai pesona keindahan, tetapi juga menjadi rumah bagi suku-suku asli Sumatera, flora dan fauna endemik hingga menyimpan pesona magis sehingga keasliannya masih terjaga. Masih dalam kawasan Bukit Barisan, berikut beberapa bukit di Sumatera yang telah terjamah dan memiliki panorama dan keindahan yang eksotis:

  1. Bukit Kayangan

Bukit Kayangan merupakan bukit yang mengelilingi daerah Kerinci di Provinsi Jambi. Bukit ini termasuk dalam daftar bukit di Sumatera yang masih dalam rangkaian Pegunungan Bukit Barisan. Bukit Kayangan ini terletak di Provinsi Jambi dan merupakan salah satu objek wisata alam yang dijadikan andalan oleh masyarakat Jambi karena panorama dan keindahannya.

Bukit ini memiliki ketinggian 2000 mdpl dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat. Karena ketinggiannya, bukit ini menawarkan berbagai panorama indah seperti pemandangan Kota Sungai Penuh  dan Danau Kerinci saat cuaca cerah serta panorama matahari terbit. Saat cuaca berkabut, bukit ini memberikan sensasi seolah sedang berada di atas awan.

  1. Bukit Lawang

Bukit Lawang merupakan bukit di Sumatera yang terrletak di Sumatera Utara, tepatnya sekitar 80 kilometer dari Kota Medan. Tempat ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser dan merupakan kawasan konservasi bagi orangutan Sumatera. Karena masih termasuk dalam kawasa taman nasional, Bukit Lawang masih terjaga keaslian dan keasriannya.

Bukit ini dikelilingi oleh sungai, hutan serta Pegunungan Bukit Barisan. Selain menawarkan pemandangan yang masih asri dan alami, bukit ini juga menyediakan berbagai restoran yang menyuguhkan menu lokal. Untuk berkunjung ke bukit ini, tiket masuk yang dikenakan sangat terjangkau, yaitu hanya 5 ribu rupiah. Untuk menyebrangi jembatan, dikenai biaya 2 ribu rupiah.

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *