Cara Membaca Shalawat Badar dengan Benar dan Beberapa Keutamaan Terbesarnya

Cara Membaca Shalawat Badar dengan Benar dan Beberapa Keutamaan Terbesarnya

Salah satu bentuk ibadah yang sangatlah angung bagi umat Islam adalah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.   Bershalawat tersebut masuk kedalam salah satu  tindakan yang mempunyai pahala besar dengan keuntamaan yang besar pula. Nah, salah satu shalawat yang sering dilakukan  atau dilantunkan oleh  umat muslim adalah Shalawat Badar atau Shalawat Badriyah.  Pastinya sudah sering didengarkan sholawat ini dilantukan di rasio, televisi ataupun masjid terutama ketika bulan suci ramadhan tiba. Anda pun bisa mendapatkan lantunan shalawat ini dengan mudah melalui aplikasi download lagu, youtube ataupun situs download lagu. Didalam Shalawat Badar ini berisi kata-kata indah yang mampu membuat umat muslim untuk selalu senantiasa mencintai Nabi Muhammad SAW. Terdapat pula doa-doa kepada Allah SAW didalamnya.

Maka dari itulah ketika Anda  membaca Shalawat Badar ini harus dilakukan dengan benar. Jangan sampai makna yang ada tidak tersampaikan dengan baik karena Anda tidak membacakannya dengan benar.  Solusinya adalah mengetahui bagaimana membaca Shalawat Badar  ini dengan benar yang informasinya akan disampaikan dan dijelaskan secara lengkap untuk Anda. Selain itu penting sekali untuk mengetahui mengenai beberapa keuntamaan terbesarnya yang mampu membuat Anda  semakin bersemangat untuk segera membaca shalawat tersebut.  Jangan sampai setiap informasi  penting terkait Shalawat Badar  yang akan disampaikan ini terlewatkan karena hanya merugikan dan membuat penyesalan timbul di waktu yang akan datang

Cara Membaca Shalawat Badar dengan Benar

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak membaca Shalawat Badar ini dengan benar. Untuk itulah simak  dengan baik lalu aplikasikan berikut ini cara melantunkan Shalawat Badar dengan benar:

  1. Waktu yang Tepat

Pertama-tama adalah soal waktu  harus Anda perhatikan ketika melantunkan Shalawat Badar ini.  Waktu ini berkaitan dengan  cara Nabi Muhammad SAW yang diikuti. Nah, terdapat beberapa keadaan yang   diwajibkan untuk Anda membaca Shalawat Badar tersebut maupun shalawat-shalawat lainnya. Adapun waktunya adalah pada saat tasyahud akhir, ketika berkumpulnya beberapa orang yang mengobrol, pada hari jumat,  setelah mendengar azan dan tentunya ketika berdoa baik diawalan atau diakhiran.

  1. Menetapkan Niat yang Baik

Tentunya agar ketika Anda membaca Shalawat Badar ini harus menetapkan niat yang baik terlebih dahulu. Tujuannya agar yang Anda baca tersebut bisa bermanfaat bagi kehidupan.  Anda juga bisa meresapi setiap makna Shalawat Badar yang begitu indah ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan pula siapa saja yang mendengarkan Anda bershalawat  akan tersentuh hatinya pula.

  1. Memahami Kaidah Dalam Membaca Shalawat

Sudah pasti Anda   ketika hendak membaca Shalawat Badar ini harus paham dengan baik berbagai kaidah pokoknya. Misalnya saja seperti lafal shalawat, aturan  mengucapan shlawat dan salam harus bersamaan,  mengeraskan suara ketika membaca shlawat dan salam untuk Nabi Muhammad SAW, dan masih banyak lagi.

Keutamaan Terbesar Membaca Shalawat Badar yang Harus Anda ketahui

Tentu saja ada banyak keutamaan dalam membaca Shalawat Badar yang harus Anda ketahui. Dari bebragai keuntungan yang ada tersebut, Anda wajib mengetahui beberapa keutamaan terbesarnya. Berikut adalah keutamaan terbesar membaca Shalawat Badar yang harus Anda ketahui:

  1. Akan Diutamakan Ketika Hari Kiamat Datang

Bagi siapa saja yang rutin membaca Shalawat Badar ini ataupun berbagai shalawat lainnya, akan diutamakan ketika hari kiamat datang diantara banyak orang lainnya. Hal ini disebut  sebagai fadhilah sholawat.

  1. Mendapatkan Kurnia dan Rahmat yang Besar dari Allah SWT

Ketika Anda  membaca Shalawat Badar ini dengan baik yang didalamnya juga terdapat doa permohanan kepada Allah SWT akan  mampu mendatangkan kurnia serta rahmat yang besar dari Allah SWT.  Oleh karena setiap rahmat dan kurnia dari Allah SWT bisa dirasakan ketika Anda membacakan Shalawat Badar ini dengan baik, maka dari itulah  Anda tidak boleh mengabaikan hal-hal penting ataupun cara-cara yang benar untuk membacakannya.

  1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Keutamaan berikutnya membaca Shalawat Badar ini adalah mampu membantu Anda lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Allah SWT sendiri sudah pernah  bersabda bahwa untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya  bisa untuk banyak bersholawat yang salah satunya tentu saja  bisa dengan membaca Shalawat Badar tersebut.   Dari keutamaan yang satu ini, Anda secara otomatis juga menjauhkan kefakiran. Hasilnya kelimpahan berkah dan kebaikan akan Anda dapatkan dari Allah SAW berkat membacakan Shalawat Badar ini secara rutin.

  1. Dihapuskan 10 Keburukan dan Diangkat 10 Derajat

Sekali saja Anda bersholawat bisa dengan Shalawat Badar ini akan dihapuskan 10 kesalahannya dan diangkat 10 derajat. Dengan fakta ini,  Anda tentunya bisa membayangkan bagaimana jika Anda secara rutin membaca Shalawat Badar tersebut. Pastinya akan banyak kesalahan yang terhapuskan dan berkali-kali lipat pengangkatan didapatkan.  Dalam HR. An-Nasa’l no. 1296,  Anda bisa mengetahui keutamaan bersholawat yang satu ini.

  1. Mendapatkan Nilai Kebanggaan

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa ia bangga  kepada setiap umat ke umat yang lainnya. Maka dari itulah sudah sepantasnya kita sebagai umat ini mencintai Nabi Muhammad SAW dengan sepenuh hati. Nah, salah satu caranya adalah dengan  membacakan Shalawat Badar yang seperti sudah disebutkan sebelumnya  mempunyai kata-kata indah berserta doa kepada Allah SAW.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *