Cara Membuat Ikan Asin

Cara Membuat Ikan Asin

Ikan asin merupakan salah satu olahan ikan yang sangat terkenal di Indonesia. Iya Indonesia yang merupakan negara maritim tentunya memiliki potensi perikanan yang sangat luar biasa sehingga muncul berbagai jenis olahan ikan salah satunya adalah ikan asin. Sebenarnya cara membuat ikan asin cukup mudah, Anda bisa mencobanya sendiri dirumah dengan syarat memiliki bahan dan juga perlengkapannya.

Langkah sederhana dalam membuat ikan asin adalah Anda menyiapkan ikan dan juga garam. Caranya yakni taburi ikan dengan garam untuk proses peredaman ikan segar yang diasinkan. Proses ini membutuhkan waktu minimal 1 hari untuk ikan dengan ukuran kecil dan bahkan hingga 3 hari untuk ikan dengan ukuran besar, semuanya tergantung cuaca dan panas matahari. Namun sebelum proses dimulai, hendaknya ikan dibersihkan terlebih dahulu dari berbagai kotoran yang menempel sehingga hasilnya bagus.

Dalam membuat ikan asin sebenarnya terdapat beberapa metode yakni yang pertama dengan cara basah. Cara yang satu ini cukup gampang yakni dengan menyiapkan larutan garam jenuh dengan konsentrasi larutan mulai dari 30% sampai dengan 50%. Kemudian ikan asin yang telah disiangi disusun dalam sebuah wadah atau bak kedap air. Tambahkan larutan garam secukupnya sampai seluruh ikan tenggelam dan di beri pemberat sehingga ikan tidak terapung. Adapun lama peredaman yakni antara 1 sampai dua hari tergantung ukuran ikan dan keasinan yang diinginkan. Setelah proses penggaraman selesai, Anda dapat membongkar kemudian mencuci ikan dengan air bersih. Selanjutnya silahkan susun ikan diatas para-para guna proses pengeringan dan juga penjemuran.

Selain itu ada juga dengan cara kering yang mana proses ini menggunakan garam kristal yang kering dengan jumlah sesuai dengan berat ikan. Taburkan garam ke dalam wadah, kemudian susun ikan diatas lapisan garam dengan cara bagian perut ikan menghadap ke dasar bak. Selanjutnya silahkan taburkan garam pada lapisan ikan dan lakukan penyusunan ikan dan juga garam secara berlapis hingga lapisan teratas. Tutup tumpukan ikan dan garam dengan keranjang bambu, biarkan selama beberapa hari, dan kemudian cucilah menggunakan air bersih dan tiriskan. Kemudian jemur diatas para-para. Nah itu dia cara membuat ikan asin, mudah bukan?

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *