CARA MENGATASI KUTU BABI PADA HEWAN PELIHARAAN

CARA MENGATASI KUTU BABI PADA HEWAN PELIHARAAN

Caplak merupakan sebuah hewan kecil sejenis kutu yang umumnya menyerang hewan peliharaan, caplak biasa disebut juga sebagai kutu babi. Khususnya pada hewanpeliharaan berjenis anjing caplak dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit pada kulit. Anjing yang terserang kutu babi juga mengakibatkan bulunya terasa lengket saat disentuh dengan tangan, serta bulunya menjadi berbau.

Kasus terparah pada anjing karena infeksi yang diakibatkan oleh kutu babi adalah anemia sel darah. Jika hal ini terus berlanjut anjing akan menjadi lesu, lemah dan hilang nafsu makan, akibat terburuknya adalah anjing bisa mati karena komplikasi penyakit tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu babi yang hinggap pada tubuh anjing adalah dengan cara mengkarantina dan mencabuti kutu babi satu-persatu.

Spray dengan semprotan anti caplak

Apabila kita memiliki hewan peliharaan anjing yang masih baru atau kecil, melakukan pencegahan awal agar caplak tidak menghinggapi anjing dapat kita lakukan dengan memberikan semprotan anti caplak. Semprotan tersebut banyak dijual di berbagai petshop yang ada, penyemprotan bisa dilakukan kepada seluruh tubuh anjing hingga merata. Hindari area sensistif seperti mata dan mulut agar efek semprotan tidak menyakiti hewan peliharaan.

Karantina anjing

Pada kasus yang sudah cukup parah tidak hanya cukup dilakukan dengan memandikan anjing, menaburkan bedak atau menyemprot dengan obat anti caplak. Cara terbaiknya adalah dengan menghindarkan anjing dari kontaminasi lingkungan sekitarnya dengan cara dikarantina. Proses karantina bisa dilakukan di puskeswan atau dilakukan secara mandir, proses karantina dapat berlangsung antara 2 hingga 3 hari. Dengan proses itu maka secara otomatis kutu babi yang sudah kenyang menghisap darah akan keluar dari tubuh anjing, sehingga kutu bisa langsung disemprot dengan insektisida.

Mencabuti butu babi

Cara lain yang sangat tradisional adalah mencabuti kutu babi satu persatu, namun yang perlu diiingat adalah sebelum melakukan pencabutan kutu maka semua tubuh anjing harus dilumuri dengan alcohol atau larutan asam agar caplak dapat dengan mudah diambil dengan pinset. Setelah kutu babi semakin berkurang lanjutkan dengan memandikan anjing agar bulunya tidak berbau alcohol atau asam, serta sisa-sisa kutu babi yang terlewat diangkat bisa larut dalam bilasan air sampo.

 

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *