Ciri Ciri Kuningan yang Membedakannya dari Logam Lain

Ciri Ciri Kuningan yang Membedakannya dari Logam Lain

Meskipun sama-sama memiliki warna kuning cerah, tidak sulit membedakan kuningan dengan emas jika Anda mengetahui ciri-ciri kuningan. Untuk itu, tulisan ini akan membahas secara lebih jelas ciri dan sifat logam kuningan yang belum banyak diketahui.

Sifat-Sifat Fisik Logam Secara Umum

pixabay.com

Logam adalah unsur yang paling banyak jumlahnya di bumi. Hingga saat ini, diketahui ada 65 jenis logam yang terbentuk secara alami, tetapi baru 20 jenis yang dapat dimanfaatkan, termasuk aloi (campuran dua jenis logam atau lebih dan zat lainnya).

Salah satu jenis aloi adalah kuningan, yang merupakan campuran antara tembaga (Cu) dan seng (Zn). Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui lebih dahulu sifat-sifat fisik yang dimiliki logam secara umum sebelum mengenal sifat atau ciri khas kuningan.

Meski secara spesifik setiap logam memiliki sifat yang berbeda, ada beberapa karakter umum yang dimiliki oleh semua jenis logam yang membedakannya dari material  non logam sebagai berikut.

Memiliki Titik Leleh dan Titik Didih Tinggi

Logam-logam pada umumnya memiliki titik leleh dan titik didih yang tinggi. Hal ini dikarenakan atom-atom di dalam logam memiliki ikatan yang sangat kuat sehingga untuk menguraikannya dibutuhkan energi yang sangat besar. Titik didih dan titik leleh logam berkisar antara ratusan hingga di atas 1.0000  Celsius.

Mampu Menghantarkan Listrik

Logam memiliki elektron valensi yang bergerak bebas di dalam kristal logam yang akan membawa muatan listrik ke seluruh bagian logam. Hal inilah yang menyebabkan logam memiliki sifat sebagai konduktor atau penghantar listrik yang sangat baik.

Mampu Menghantarkan Panas

Dengan mekanisme yang sama, elektron valensi yang bergerak bebas di dalam kristal logam juga menyebabkan logam mampu menghantarkan panas dengan baik. Jika salah satu bagian logam dipanaskan, energi kinetik elektron valensi akan bertambah sehingga bergerak makin cepat. Pada saat bergerak, sejumlah panas dilepaskan ke elektron lainnya sehingga pada akhirnya seluruh bagian logam menjadi panas.

Dapat Dibengkokkan, Ditarik, dan Ditempa

Sifat ini disebabkan ikatan di dalam kisi kristal logam sifatnya tidak kaku. Lapisan ion positif di dalam kisi kristal mudah bergeser sehingga jika ada ikatan logam yang putus, akan segera terbentuk ikatan logam yang baru. Hal inilah yang membuat logam dapat ditarik, dibengkokkan, dan ditempa menjadi pelat tipis.

Berkilat Saat Terkena Cahaya

Sifat fisik lainnya dari logam yang sangat khas dan mudah dikenali adalah berkilat ketika cahaya jatuh ke permukaan logam. Akibat pergerakan elektron-elektron di dalam logam, logam akan memancarkan kembali energi cahaya dengan panjang gelombang tertentu.

Ciri-Ciri Logam Kuningan

pixabay.com

Setelah mengenal sifat umum yang dimiliki logam, kini kita akan membahas ciri khas kuningan. Seperti telah disebutkan sebelumnya, kuningan merupakan campuran tembaga dan seng dengan kadar tembaga yang lebih besar, yaitu 60%–90%. Komposisi campuran inilah yang turut memengaruhi ciri khas logam kuningan seperti penjelasan berikut ini.

Warna Logam

Meskipun pada umumnya berwarna kuning cerah, sebenarnya logam kuningan dapat memiliki warna dari merah hingga ke kuning karena pengaruh kandungan tembaga. Semakin tinggi kadar tembaganya, kuningan akan berwarna cokelat kekuningan. Sebaliknya, kadar seng yang lebih tinggi akan menghasilkan warna emas cerah, putih kekuningan, bahkan putih abu-abu.

Tingkat Keuletan

Kuningan yang mengandung seng lebih dari 39% memiliki tingkat keuletan yang lebih rendah dan tingkat kekakuan yang lebih tinggi pada suhu kamar. Kuningan yang mengandung lebih lebih liat tidak mudah patah.

Mampu Bekerja di Lingkungan Panas

Kandungan seng di kisaran 32% hingga 39% akan membuat kuningan lebih mampu bekerja di lingkungan yang panas. Sebaliknya, kemampuan kerja kuningan akan menurun jika berada di lingkungan yang dingin.

Bersifat Antibakteri

Kuningan mengandung logam tembaga yang mampu membunuh bakteri Staphylococcus aureus. Echerichia coli, dan Pseudomonas aureginosa dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah menempel. Karena itulah, kerajinan tembaga kuningan berupa alat memasak dan peralatan makan banyak dicari karena memiliki efek baik bagi kesehatan.

Selain paduan antara tembaga dan seng, terdapat paduan kuningan lainnya, yaitu timah kuningan yang merupakan campuran antara tembaga, seng, dan timah. Timah ditambahkan untuk mencegah hilangnya kandungan seng dalam kuningan akibat proses tertentu.

Selain memiliki ciri ciri kuningan di atas, timah kuningan sangat tahan terhadap korosi. Karena itulah, logam ini banyak digunakan untuk membuat perangkat keras kelautan, poros pompa, dan peralatan atau mesin yang sering bersentuhan dengan air.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *