Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada CV Lamaran Kerja

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada CV Lamaran Kerja

Lamaran kerja merupakan kegiatan yang sangat menegangkan, semua itu karena setiap orang akan berlomba menjadi paling baik hingga mampu menarik pihak perusahaan. Tentunya guna menunjang segala hal dalam melamar kerja diperlukan berkas-berkas pendukung.

Selain CV tentu saja masih banyak berkas lainnya yang harus dipersiapkan saat akan melamar kerja. Namun kenyataannya masih banyak orang yang kurang memperhatikan saat membuat CV. Padahal bagian yang ada dalam CV semuanya sangat menunjang dalam proses seleksi kerja karena CV sangatlah penting. Untuk itu tentu saja perlu diketahui mengapa CV bisa begitu penting serta apa saja yang perlu diperhatikan dalam CV, simaklah pembahasan berikut ini.

Alasan CV Menjadi Berkas Wajib

Jika ada yang berfikir bahwa surat lamaran kerja adalah yang terpenting pada saat melamar kerja sebenarnya tidak salah. Namun CV juga merupakan berkas wajib yang kedudukannya sangat erat dengan surat lamaran kerja. Kedua berkas ini tidak dapat dipisahkan, sehingga saat melamar kerja keduanya harus ada.

Hal tersebut karena CV akan dijadikan sarana memperkenalkan diri Anda pada pihak perusahaan. Sehingga tentu saja jika ingin diterima saat melamar kerja, buatlah CV yang isinya berbobot, tampilan kreatif dan juga menarik.

stocksnap.io

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat CV

Dalam membuat CV tentu saja tidak bisa asal saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut di antaranya:

1.      Penulisan Dan Tampilan Harus Rapi

CV adalah cara mempromosikan diri sehingga harus membuat yang menarik. Untuk itu penulisan harus rapi, dimana dengan menggunakan huruf standar seperti Times New Roman. Sedangkan untuk ukuran huruf cukup 12 saja, dengan spasi standar 1 atau 1,5.

Lalu selain tulisan, tampilan CV juga harus diperhatikan untuk itu buatlah tampilan CV kreatif. Sudah banyak media yang dapat digunakan untuk mengedit dan menghasilkan CV yang unik. Namun ingat semua perpaduan antara warna, huruf dan layout harus baik sehingga hasil tidak berlebihan.

stocksnap.io

2.      Informasi Dalam CV Harus Relevan Dan Penting

Walaupun CV merupakan riwayat hidup Anda namun bukan berarti semua hal Anda ceritakan di dalamnya. Cukup Anda masukan informasi yang relevan serta penting saja, dimana informasi tersebut berhubungan dengan posisi yang Anda inginkan di perusahaan.

Masukan keahlian yang akan mampu menarik pihak perusahaan, namun ingat segala hal yang Anda tulis harus dapat Anda buktikan dan dipertanggungjawabkan. Jadi jangan berpikir untuk berbohong karena jika ketahuan akan sangat fatal akibatnya.

3.      Mencari Info Atau Referensi Perusahaan

Tentu saja setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda sehingga akan membuat setiap perusahaan juga mencari karyawan yang berbeda-beda. Sehingga jangan jadikan 1 syarat suatu perusahaan sebagai patokan bahwa semua perusahaan pasti seperti itu.

Untuk itu lakukanlah sedikit penelitian untuk mencari referensi atau informasi mengenai perusahaan tersebut. Hal itu tentu saja akan membantu dalam proses membuat CV lamaran kerja. Sehingga dengan begitu Anda akan memiliki gambaran seperti apa CV yang harus Anda buat sehingga sesuai dengan keinginan perusahaan.

stocksnap.io

4.      CV Harus Mampu Menjual Anda

Maksud dari menjual disini adalah CV yang Anda buat akan mampu membuat diri Anda diterima bekerja. CV lamaran kerja yang Anda buat harus mampu meyakinkan perusahaan. Jadi setelah berbekal informasi mengenai perusahaan buatlah CV yang dapat menjual, di mana berisikan kemampuan yang sedang dibutuhkan pihak perusahaan. Jadikan CV sebagai iklan yang tertulis, di sana Anda harus mampu memberikan investasi sehingga iklan menjadi menarik.

5.      Keadaan CV Baik

Terakhir yang perlu diperhatikan adalah keadaan CV saat akan diserahkan pada perusahaan. CV harus baik. Jangan ada coretan atau dalam kondisi terlipat. Maka dari itu saat akan memasukkan CV ke berkas lamaran ada baiknya periksa kembali. Semua itu karena CV menggambarkan diri Anda.

Menulis CV memang perlu berhati-hati. Jika perlu, untuk membuat riwayat hidup yang melengkapinya, Anda bisa mencari referensi contoh daftar riwayat hidup di internet. Nah tunggu apa lagi, jika telah paham kini saatnya mulai membuat CV Anda.

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *