Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan saat Memilih Dekorasi Pernikahan

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan saat Memilih Dekorasi Pernikahan

Pernikahan merupakan hal sakral bagi banyak orang. Itu sebabnya, setiap orang ingin pernikahannya menjadi bagian hidup yang mengesankan. Banyak cara yang dilakukan untuk itu. Salah satunya adalah mempersiapkan dekorasi pernikahan seindah dan seunik mungkin.

Selain undangan pernikahan, dekorasi pernikahan merupakan hal yang paling menguras pikiran saat akan menggelar acara pernikahan. Bukan hanya soal berapa besar budgetnya, tetapi juga bagaimana dekorasinya, termasuk bagaimana menyesuaikannya dengan tempat acara digelar.

Itu sebabnya, beberapa hal berikut ini sebaiknya menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menyewa dekorasi pernikahan.

pxhere.com

Tema Dekorasi

Bagi banyak orang, hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih dekorasi, adalah memilih temanya terlebih dahulu. Pasalnya, ada banyak jenis dekorasi pernikahan. Menentukan tema akan mempermudah Anda menemukan jenis dekorasi yang paling sesuai dengan keinginan. Hal ini perlu Anda lakukan, terlepas apakah Anda menggunakan jasa wedding organizer atau tidak.

Usai tema itu Anda pilih, baru kemudian Anda mencari model dekorasi dengan tema tersebut. Dari banyak jenis dekorasi itu, Anda tentu akan menjatuhkan pilihan pada dekorasi yang menurut Anda paling indah.

Hanya memang, beberapa orang menjatuhkan pilihan dekorasi setelah melihat dekorasi serupa di suatu tempat. Bahkan ada pula yang menjatuhkan pilihan dekorasi karena dekorasi jenis itu yang paling indah di antara semua dekorasi yang dimiliki pihak penyewaan.

Bagaimana pun pilihan dekorasi itu datang pada Anda, bukan menjadi suatu masalah berarti. Tentu saja selama Anda menyukainya.

pxhere.com

Lahan yang Digunakan

Tidak semua orang menyewa gedung untuk menggelar acara pernikahan. Di daerah pemukiman yang tidak padat penduduknya, acara pernikahan di gelar di halaman atau pekarangan rumah saja, lengkap dengan kursi dan dekorasi pernikahan.

Jika pernikahan dilakukan di gedung, dekorasi macam apapun mungkin tidak akan menjadi soal. Sebab, umumnya gedung-gedung yang disewakan untuk suatu acara memiliki ruangan cukup luas. Dekorasi nikah sebesar apapun bisa dengan mudah ditempatkan di dalam ruang tersebut.

Berbeda jika acara dilaksanakan di pekarangan rumah. Panjang dekorasi nikahnya harus disesuaikan. Padahal, beberapa model dekorasi yang disewakan, memiliki ukuran yang tetap. Artinya, dekorasi tersebut tidak bisa dibuat lebih pendek atau lebih panjang.

Itu sebabnya, sebelum memutuskan untuk menyewa dekorasi pernikahan, akan lebih baik jika Anda melihat terlebih dahulu lokasi yang akan ditempati. Terutama jika tempat acara berada di luar ruangan atau bahkan di pekarangan rumah Anda.

Pastikan Budget tidak Berlebihan

Siapapun tidak memungkiri, biaya sewa dekorasi nikah tidak lah murah. Tentu akan lebih bijak, jika Anda memiliki rencana budget maksimal yang akan Anda keluarkan untuk sewa dekorasi. Dengan begitu, Anda akan diarahkan pada model dekorasi dengan budget yang sesuai saat datang ke penyewaan.

Pastikan pula untuk tidak bermuluk-muluk mengejar kemewahan dekorasi melebihi budget yang sudah Anda tetapkan. Sebab, kebutuhan acara pernikahan tidak hanya dekorasi pernikahan saja. Anda masih butuh biaya untuk membuat undangan pernikahan, konsumsi tamu, juga beberapa kebutuhan lain.

pxhere.com

Dekorasi Minim Budget

Jika budget untuk dekorasi pernikahan sangat minim, namun Anda merasa wajib memiliki dekorasi, maka pilihannya adalah menyewa dekorasi mini. Dekorasi mini ini adalah dekorasi yang hanya dipasang di teras atau bahkan pada ruang tamu. Ukurannya bisa hanya sekitar tiga meter saja, bahkan kurang dari itu.

Sama seperti dekorasi pada umumnya, dekorasi tersebut dihias dengan banyak elemen meski jumlahnya tidak banyak. Bunga, lampu, kain tile, dedaunan, adalah elemen yang biasa digunakan. Biaya sewanya tentu jauh lebih murah daripada dekorasi pernikahan yang besar.

Berkreasi Sendiri Menciptakan Dekorasi Pernikahan

Jika menyewa dekorasi mini belum cukup membuat Anda puas, maka pilihannya tentu membuat dekorasi pernikahan sendiri. Dengan elemen-elemen yang ada, Anda bisa menciptakan dekorasi yang menarik. Tirai atau kain tile akan sangat membantu mempercantik dekorasi jika Anda inginkan.

Lampu tumbler kecil-kecil juga bisa Anda gunakan untuk menambah kesan cantik pada dekorasi. Jika di tempat Anda banyak terdapat pohon kelapa, membuat hiasan dari janur kuning juga akan mempercantik dekorasi pernikahan meskipun sederhana.

Dan akhirnya, selamat berkreasi. Pertimbangkan setiap keputusan Anda baik-baik.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *