Yuk Kenali Perbedaan Domain Dan Hosting

Yuk Kenali Perbedaan Domain Dan Hosting

Ketika membuat sebuah web, anda akan dihadapkan dengan berbagai istlah yang mungkin saja asing di telinga. Padahal mengenal berbagai istilah dalam dunia komputer dan internet, sangat penting bagi siapapun yang ingin berkecimpung di dunia tersebut. Domain dan hosting, menjadi istilah yang mungkin saja sering ditemukan ketika membuat website. Agar tidak salah memahami kedua istilah tersebut, simak ulasan berikut.

Perbedaan Antara Hosting Serta Domain

pexels.com

Segudang pertanyaan akan muncul, ketika melihat banyaknya istilah yang harus dimengerti sebelum membuat sebuah website maupun blog. Pertanyaan yang paling banyak diajukan meliputi mengapa hosting maupun domain diperlukan, apakah tidak bisa hanya menggunakan saja dari kedua komponen tersebut, sehingga mempertanyakan diantara keduanya manakah yang terpenting. Padahal kedua poin tersebut, menjadi komponen utama membuat website.

Domain sebenarnya merupakan alamat atau nama yang ada pasa suatu website. Tanpa adanya domain,tentu saja website anda tidak akan memiliki nama. Ketika tidak memiliki nama, bagaimana pengunjung mengenal ataupun mencarinya di search engine ? Kondisi sebenarnya menjadi kesalahan yang paling banyak dilakukan, oleh para awam yang baru berkecimpung di dunia ini. Oleh karenanya, pengguna harus bisa membedakan antara domain dan hosting.

Jika diperumpamakan, domain sebenarnya sebuah pelengkap dari hosting. Setidaknya ada 2 jenis domain yang bisa dipilih, yaitu domain gTLD (domain global), dan domain ccTLD (domain id). Mungkin anda tidak asing dengan domain id, lantaran digunakan domain untuk negara Indonesia. Contoh id yang sering muncul yaitu .co.id, .my.id, dan masih banyak lainnya. Sedangkan domain global terdiri dari .com, .org,  .net, dan lain sebagainya.

Ketika membuat sebuah website, pengguna diberikan kebebasan memilih domain yang ingin digunakannya. Poin penting yang harus diketahui, yaitu 1 domain hanya bisa berlaku untuk satu pengguna saja. Sifat domain yang tidak bisa booking atau keep, mengharuskan pengguna untuk memesan sebuah nama domain. Apabila sudah yakin menggunakan domain tersebut, hendaknya segera ketik nama domain di halaman pesan domain.

Proses pemesanan telah dilakukan, kini saatnya untuk melunasi pembayarannya. Dengan begitu, domain yang diinginkan tidak akan digunakan oleh orang lain. Sebelum membayarkan domain, pastikan terlebih dahulu bahwa pengguna mengetahui nama domain yang digunakan. Sebab pembayaran tidak bisa refund, apabila terjadi kesalahan penulisan domain. Pemilihan domain dan hosting tepat, memudahkan untuk meningkatkan traffic pengunjung.

Sedangkan hosting sendiri, merupakan sebuah tempat yang berfungsi untuk meletakkan segala file pada website. Jika diumpamakan, website yang anda bangun merupakan sebuah hunian dengan hosting yang berperan sebagai kaving tanah yang telah dipetak petakkan.  Lalu bagaimana dengan domain ? Disini domain memiliki peran sebagai alamat dari hunian yang anda bangun tadi. Dengan memberikan perumpamaan tersebut, diharapkan memudahkan pemahaman.

Fungsi dari hosting, memang menjadi tempat atau media penyimpanan segala file yang ada pada website. Data yang tersimpan di dalam website, memudahkan untuk diakses siapa, dimana dan kapan saja. Itulah pentingnya segala data yang ada, disimpan dalam sebuah server hosting. Ada baiknya anda memilih server hosting terbaik, yang tidak mudah down. Apabila server seringkali down, maka website pun tidak dapat diakses.

Oleh karenanya penting untuk memilh hosting terbaik, yang berikan pelayanan jempolan dengan kualitas yang mumpuni. Jika diperlukan, pilihlah hosting yang berikan garansi uptime. Usai miliki hosting, pengguna otomatis akan mendapatkan akses cPanel hosting. Dengan memiliki akses cPanel hosting, pengguna bsia kontrol panel selama pengelolaan domain dan hosting. Bentuk kontrol tersebut terdiri dari membuat subdomain, hosting web, dan masih banyak lainnya.

Pentingnya Memiliki Hosting Beserta Domain Sekaligus

Membeli domain ataupun hosting saja memang bisa dilakukan, namun perlu diingat bila website online membutuhkan kedua komponen tersebut untuk bisa digunakan. Ketika salah satu komponen tersebut tidak digunakan, maka web online tidak bisa diakses siapapun. Bagi anda yang memiliki blog seperti blogspot, weebly, ataupun wordpress,  dapat melakukan pengaturan costum domain.

Fungsi dari costum domain, agar penggunanya dapat berganti alamat domain. Pergantian tersebut berawalan dari blog gratis, hanya saja masih menggunakan hosting yang ada dalam blog tersebut. Ketika melakukan hal tersebut, ada kemungkinan bila fitur yang didapatkan cukup terbatas. Keterbatasan tersebut meliputi adanya pengaturan kapasitas hosting, tidak bisa mendapatkan akses untuk cPanel hosting, dan lain sebagainya.

pexels.com

Membeli Layanan Hosting Terbaik

Banyaknya layanan domain dan hosting di tanah air, membuat para pemula kebingungan untuk memilih yang terbaik. Pastikan untuk melakukan survei terlebih dahulu, agar tidak salah memilih hosting yang diinginkan. Yang perlu menjadi perhatian, patikan bahwa layanan tersebut memberikan paket hemat dengan pelayanan terbaik. Jangan lupa untukmemilih layanan hosting, yang berikan domain secara gratis.

Pengguna bisa mendapatkan SSL gratis, agar website terjamin keamanannya. SSL ini berfungsi sebagai pelindung bangunan (website), dari serangan virus berbahaya seperti virus dan malware yang banyak ditemui. SLL juga memiliki tugas khusus, untuk membuat jalur khusus antara server dan web broser. Dengan adanya jalur khusus yang dimilikinya, mampu menghindari adanya serangan jahat dari para hacker.

Keuntungan membeli kedua komponen tersebut sekaligus

Karena kedua komponen tersebut saling terkait satu sama lain, kenapa anda tidak membeli keduanya sekaligus. Membeli keduanya, tentu saja menghadirkan berbagai manfaat untuk kesuksesan website anda. Terutama bagi website anda telah banyak dikunjungi, membeli kedua komonen tersebut akan menghadirkan segudang keuntungan. Dengan membelinya sekaligus, anda juga bisa menghemat waktu, lantaran keduanya langsung bisa digunakan.

Mendapatkan 2 komponen dengan harga murah, menjadi keuntungan bagi pemilik website. Dengan pemilihan tepat, memungkin anda mendapatkan harga ekonomis dengan kualitas terbaik. Untuk bisa mendapatkan keuntungan tersebut, pastikan memilih penyedia jasa yang telah berpengalam di bidang tersebut. Jangan lupa untuk memastikan, penyedia jasa domain dan hosting tersebut menyediakan garansi. Agar lebih hemat, gunakan  saja kode promo niagahoster.

Setelah mengetahui perbedaannya, pastinya anda mengetahui pentingya kedua komponen tersebut. Ketika memiliki kedua komponen tersebut, website bisa diakses semua orang. Tanpa adanya domain, kemungkinan tidak ada seorangpun yang akan berkunjung ke website anda. Domain juga membantu pengunjung, untuk menghafalkan alamat website lebih mudah. Anda juga perlu memilih hosting terbaik, agar website lebih mudah untuk diakses.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *