Inilah Peralatan Untuk Pancingan Belut Untuk Pemula

Inilah Peralatan Untuk Pancingan Belut Untuk Pemula

Belut adalah salah satu hewan yang masuk dalam suku Synbranchidae yaitu hewan yang berbentuk mirip seperti ular. Bisa dibilang belut masuk dalam kategori ikan yang tidak memiliki sirip. Belut memiliki karakteristik berupa tidak memiliki sisik, pernafasan belut dari udara dan juga tidak memiliki kantung renang dan tulang belakang.

Memancing belut

Belut ada yang hidup di air tawar, yaitu di sawah-sawah dan ada juga yang hidup di laut. Orang-orang Indonesia biasanya mencari belut di laut dengan cara memancingnya. Kami akan sedikit mengulas bagaimana cara memancing belut sawah.

Peralatan pancingan belut

Ada beberapa peralatan pancingan untuk memancing belut yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah peralatan memancing belut sawah.

Kail Untuk Memancing Belut Sawah

Kail pancing untuk belut berbeda dengan kail pancing untuk ikan. Kail untuk memancing belut bisa kamu beli di toko-toko pancing yang ada di dekat rumah mu. Namun kamu bisa membuat sendiri kail tersebut dengan menggunakan kawat baja berukuran kecil. Karena belut itu tinggal di lumpur-lumpur sawah dan akan sangat sulit jika menggunakan kail pancing biasa.

Cara membuat kail pancing

Bahan-bahan yang di perlukan dalam membuat kail pancing untuk belut antara lain adalah kawat baja kecil, senar pancing dengan ukuran sekitar 0,4 mm, tang dan gerinda.

Langkah pertama adalah dengan memotong kawat baja kecil tersebut menjadi ukuran 5 cm. Setelah itu kamu ukur senar pancing tersebut sesuai dengan kebutuhan mu atau kamu bisa samakan dengan ukuran 3,2 meter. Kain tersebut akan di linting dobel agar bisa kuat ketika menarik belut.

Kawat baja tersebut kamu bengkokan hingga menyerupai huruf J, seperti kail pancing pada umumnya. Setelah itu kamu ikat senar pada kail pancing dan pancing tersebut sudah siap digunakan.

Cara Memancing Belut

Kamu bisa menggunakan umpan dengan hewan katak kecil atau ikan kecil untuk memancing belut di sawah. Pasang umpan tersebut pada kail dan kamu masukan pada lubang tempat sarang belut. Pilin-pilin senar pancing agar belut di dalam lumpur tertarik untuk memakan umpan tersebut.

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *