Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pengajuan ISO TS 16949

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pengajuan ISO TS 16949

Perhatikan beberapa hal penting dalam pengajuan ISO TS 16949. ISO adalah suatu badan yang tugasnya adalah memberikan standardisasi secara internasional terhadap suatu perusahaan tertentu. Organisasi inilah yang berperan dalam memfasilitasi industri otomotif agar lebih berkembang dengan baik dan ter-standard.

Dengan memiliki sertifikat ISO, perusahaan atau brand tertentu akan memiliki peluang besar dalam memperoleh pelanggan di pasar global walaupun persaingannya begitu ketat. Hal ini dikarenakan, para konsumen akan lebih percaya pada produk yang sudah memiliki standard internasional. Nah, jika Anda bermaksud untuk mengajukan ISO untuk perusahaan, maka ketahui hal pentingnya dulu!

HalHal Penting Dalam Pengajuan ISO TS 16949

pexels.com

Support dan Kolaborasi

Hal pertama yang dianggap penting adalah dukungan dan kolaborasi. Apakah perusahaan Anda sudah memperoleh dukungan manajemen untuk aktivitas keamanan informasi atau belum menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan. Ini perlu ditekankan khususnya jika Anda sudah memiliki niat untuk memulai operasi information Security Management.

Untuk bisa menetapkan keputusan mengenai sistem manajemen, perusahaan perlu membangun struktur yang sesuai. Seperti halnya membuat forum komite atau keamanan yang tugasnya adalah mengelola pelaksanaan segala tata kelola keamanan informasi.

Struktur Pengambilan Keputusan

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah struktur pengambilan keputusan. Forum perusahaan memerlukan orang-orang yang memiliki beragam disiplin ilmu yang tujuannya untuk kegiatan pengelolaan keamanan. Merekalah yang nantinya akan membuat suatu keputusan mengenai pelaksanaan hingga operasi sistem manajemen, serta kontrol administrasi.

Tujuan adanya struktur pengambilan keputusan ini adalah untuk mengintegrasikan anggota manajemen untuk menyatakan visi bisnis terkait keputusan yang akan diwakilkan kepada komite. Hal ini tentu juga berlaku untuk CEO dari perusahaan juga.

Analisis Gap

Kesenjangan menjadi hal yang perlu diperhatikan, untuknya, sebuah perusahaan perlu melakukan analisis gap. Dalam analisis gap, perusahaan akan mengetahui bagaimana kinerja dalam hal keamanan informasi yang berkaitan dengan praktik penerapan solusi untuk keamanan industri.

Dari analisis ini, akan diketahui perbedaan antara kinerja yang aktual dengan yang potensial atau diharapkan. Selain itu, perusahaan juga dapat mengevaluasi bisnis yang mereka jalankan dengan fokus pada kesenjangan kinerja perusahaan.

Business Impact Analysis (BIA)

BIA adalah tahapan yang perlu dilakukan untuk memperoleh pemahaman terhadap proses bisnis manakan yang bersifat vital dalam organisasi. Selain itu, perusahaan juga akan tahu dampak dari gangguan dan bencana yang dialami oleh perusahaan dalam proses bisnis.

Sumber Daya Manusia, Waktu, Uang, dan Personal

Selain hal yang telah disebutkan adalah sumber daya manusia, uang, waktu, hingga personal. Menurut standard ESET, ada maksimal periode waktu untuk sistem manajemen yaitu tidak boleh lebih dari satu tahun sejak siklus pertama selesainya. Mengapa demikian?

Karena ada berbagai alasan tertentu yang akan memunculkan ancaman baru. Alasan tersebut seperti perubahan konstan dalam risiko, perubahan pengelolaan, dan lain sebagainya.

Review Standar Keamanan

Sebelum mengajukan ISO, Anda perlu melakukan review keamanan terlebih dahulu agar nantinya sertifikat yang diperoleh sesuai dengan harapan. Untuk itu, perusahaan perlu mengetahui isi hingga standard yang sesuai dengan ISO. Selain isi dan standard, perusahaan juga perlu mengetahui seluruh hal yang berkaitan dengan ISO.

Persiapan dalam Pengajuan ISO TS 16949

pixabay.com

Surat Pengantar dari Sekretaris Jenderal KAN

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah surat pengantar dari pihak sekretaris Jenderal Komite Akreditasi nasional. Untuk memperolehnya, Anda dapat mencari tahu informasi terkait dengan aturan pembuatan surat pengantar.

Kebijakan Transisi KAN

Kebijakan ini harus diperhatikan oleh setiap perusahaan yang ingin mengajukan ISO jenis ini. Tentunya ada aturan tertentu yang perlu diikuti oleh masing-masing perusahaan yang ingin memperoleh sertifikat internasional. Kebijakan yang berlaku adalah kebijakan yang diterbitkan pada tahun 2017 terkait dengan laboratorium untuk tempat uji.

Pedoman Penyesuaian Dan Formulir

Selain hal di atas, ada pedoman penyesuaian dan juga formulirnya. Dalam pedoman tersebut, terdapat persyaratan umum dan penyesuaian tindak lanjut yang perlu diperhatikan oleh pihak terkait. Untuk memperoleh formulir Pernyataan Kesesuaian ISO TS 16949, Anda dapat mengunjungi situs resminya.

Demikian informasi seputar ISO TS 16949 yang wajib dimiliki setiap perusahaan baik skala besar atau pun kecil. Perlu diingat ketika perusahaan menerapkan Sertifikat ISO 9001 yang bertaraf internasional tentu akan semakin memperbaiki citra dan kualitas perusahaan. Sehingga para pelanggan akan semakin percaya menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan. Semoga bermanfaat!

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *