Kabupaten Magetan

Kabupaten ini berada di Provinsi jawa Timur dan beribukota di Magetan. Kabupaten Magetan berbatasan dengan wilayah lain disekitarnya, yakni berbatasan dengan kota Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo serta berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan  Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah).

Tentang Kabupaten Magetan

Kabupaten Magetan terkenal dengan beberapa hal. Seperti wisata gunung Lawu dengan telaga sarangan, kerajinan kulit, rengginang, jeruk bali dan kerajinan maupun makanan khas lainya.  Luas Kabupaten ini 688,85 Km2 terbagi atas 208 desa, 27 kelurahan dan 18 Kecamatan.

Kabupaten Magetan dilintasi jalur kereta api lintas Selatan jawa dan dilalui jalan utama Surabaya-Madiun-Yogyakarta. Magetan memiliki satu stasiun kereta api bernama stasiun barat, berada di Kecamatan Barat.

Julukan

Magetan memiliki dua julukan. Yakni  Kota kaki Gunung dan  the Nice of Java. Dijuluki kota kaki gunung, lantaran berada di lereng gunung fenomenal, gunung Lawu. Sedangkan disebut The Nice Of Java, karena di Magetan terdapat kawasan wisata populer yaitu Telaga Wahuy dan Telaga Sarangan di lereng Lawu.

Potensi Ekonomi

Beberapa industri telah dikembangkan di kabupaten Magetan, antara lain : Sentra kerajinan kulit, Sentra Perkebunan Pamelo, Sentra Ayam Panggang Gandu, Sentra Genteng Winong dan Sentra kerajinan Anyaman Bambu Ringin Agung.

Wisata

Sejumlah tempat wisata populer di Kabupaten Magetan yang terus dikembangkan diantaranya wisata kompleks gunung Lawu, Telaga Sarangan dan Telaga Wahyu, Puncak Lawu, Taman Ria Dirgantara Kosala Tirta Maospati, Pemandian Dewi Sri. Wisata lainya yakni, Manunggal, Gerbang Kadipaten Purwodadi, Mojosemi Camping Groud, Cemorosewu, Monumen Soco dan Bendungan Gonggang Ponol.

Wisata Populer Telaga Sarangan: berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut (Mdpl). Telaga ini masih alami, dengan pemandangan alam eksotis. Lokasinya di desa Sarangan, Kecamatan Plaousan, magetan, di lereng gunung Lawu sebelah barat. 16 kilometer jaraknya jika ditempuh dari kota Magetan. Luas kompleks telaga 30 hektar, dengan kedalaman sekitar 28 meter.

Telaga ini nampak bersih, sejuk dikelilingi pohon hijau. Anda bisa menunggang kuda keliling kompleks telaga, naik speedboat menyusuri telaga dan menjajal makanan seperti sate kelinci, pentol,  nasi pecel dan jajan lainya. Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas yang tersedia dikawasan wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *