Kambing Hitam Beetal

Kambing Hitam Beetal

Mungkin kita sering mendengar istilah kambing hitam. Iya kambing hitam yang satu ini bukan seperti kambing hitam yang sering dijadikan sumber dalam permasalahan ya, melainkan kambing yang memang memiliki bulu yang hitam. Iya memang ada jenis kambing yang kebanyakan dari jenis ini di dominasi oleh bulunya yang hitam. Iya namanya adalah kambing beetal yang merupakan jenis kambing yang masih sudara dekat dengan kambing jamnapari atau di Indonesia lebih dikenal dengan kambing etawa.

Ciri Fisik Kambing Hitam

Kambing hitam atau kambing beetal ini berasal dari Punjab, Pakistan, dan India. Kambing jenis ini memang kebanyakan memiliki warna hitam atau agak kemerahan dengan telinganya yang berjumbai. Sedangkan pada bagian tandung kambing beetal hantan memutar ke arah belakang. Kambing betal memiliki ciri fisik yang sangat mirip dengan kambing etawa, hanya saja warnanya di dominasi oleh warna hitam.

Jenis kambing betal atau kambing hitam ini konon lebih unggul daripada kambing etawa sebab memiliki produktifitas yang lebih tinggi dan memiliki kemampuan adaptasi yang lebih baik dengan kondisi agro-ekologi. Adapun jenis kambing ini kebanyakan memiliki bulu yang berwarna hitam, coklat, atau terdapat bercak-bercak putih. Kambing betal juga memiliki wajah yang cembung namun tidak lonjong seperti kambing etawa.

Adapun bagian telinganya panjang, terkulai, dan datar. Kambing beetal jantan maupun betina sama-sama memiliki tanduk dengan ekornya yang kecil dan tipis. Kambing beetal memiliki kantong susu yang besar yang membuatnya dapat berkembang biak dengan baik. Sedangkan bagian dotnya berbentuk kerucut besar. Nah kambing beetal juga sering disebut sebagai kambing perah karena mampu menghasilkan susu dengan kapasitas yang banyak dan kualitasnya yang baik.

Selain itu, kulit kambing beetal atau kambing hitam ini juga terkenal memiliki kualitas yang bagus dengan ukurannya yang besar. Kulit dari kambing beetal terasa halus seperti suede, velour, dan chamois yang sangat cocok untuk pembuatan pakaian, sarung tangan, dan sepatu.  Dengan tubuhnya yang besar, kualitas susunya yang bagus, dan nilai jualnya yang tinggi, tentunya kambing ini menjadi pilihan bagi Anda yang ingin ternak kambing.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *