Ulasan Lengkao Mengenai Kandang Ternak Lovebirds

Ulasan Lengkao Mengenai Kandang Ternak Lovebirds

Jika anda pecinta burung, maka tidak asing dengan burung lovebird. Burung dengan warna bulu yang cantik dam suaranya yang merdu. Banyak yang menjadikan burung ini sebagai burung lomba atau hanya sekedar hobby untuk memeliharanya.

Dalam perawatan dan pemeliharaan lovebird, pastinya anda membutuhkan kandang sebagai tempat tinggal. Kandang lovebird memiliki dua jenis yaitu kandang pasangan dan koloni.  Dalam penggunaan kandang ini, anda harus memperhatikan beberapa hal, baik kelebihan dan kekurangannya. Supaya anda lebih paham jenis kandang apa yang sesuai dengan kebutuhan, simaklah ulasan di bawah ini.

Kandang Ternak Lovebirds Untuk Pasangan

Kandang pasangan merupakan kandang ternak lovebird yang diperuntukkan untuk dua ekor yang berpasangan, yaitu lovebird jantan dan betina. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam memantau perjodohan dan kesehatan burung. Namun terdapat hal lain yang harus anda pertimbangkan untuk kandang pasangan ini. Untuk lebih jelasnya, simaklah kekurangan dan kelebihan kandang lovebird pasangan.

pxhere.com
  1. Kelebihan Kandang Pasangan

Apakah anda memiliki lovebird yang telah diketahui pasangannya? Namun anda sering sekali sulit membedakannya? Maka kandang pasangan sangat tepat. Ketika anda telah mengetahui pasangan lovebird, segeralah pindah supaya keesokan harinya anda tidak perlu kebingungan pasangan tersebut. Selain itu, pemisahan pasangan dari koloninya menyebabkan tidak ada gangguan dari pasangan lain. Sehingga pasangan lovebird dapat lebih produktif untuk menghasilkan telur.

Yang paling penting, jika ada lovebird yang sakit dapat langsung terpisahkan pada satu kandang. Potensi penularan penyakit pada lovebird lainnya sedikit dan tidak cepat. Bagi para peneliti, misalnya ingin mempelajari genetika dan mutasi lovebird, kandang pasangan akan mempermudah dan membantu.

  1. Kekurangan Kandang Pasangan

Apabila anda memilih kandang pasangan, maka anda siap menyediakan waktu luang banyak untuk memberikan makan, minum, dan membersihkan kandang. Karena anda harus membuka kandang satu persatu saat memberikan makan dan minum. Ketika jumlah pasangan semakin banyak, tentunya anda juga membutuhkan biaya tambahan untuk membeli kandang lagi. Anda juga harus menyedikan tempat lagi untuk meletakkan kandang tersebut.

Ukuran kandang pasangan cenderung kecil karena hanya untuk dua ekor. Hal tersebut menyebabkan, lovebird tidak memiliki ruang bebas untuk bergerak. Selain menyebabkan lovebird gemuk, juga bisa menimbulkan stress. Perjodohan juga sering menjadi kendala saat jenis kelamin dan pasangan yang cocok belum diketahui. Sehingga, untuk mengisi kandang pasangan anda harus mengetahui pasangan lovebird. Perlu anda ketahui bahwa lovebird termasuk burung yang setia terhadap pasangannya.

pxhere.com

Kandang Ternak Lovebirds Untuk Koloni

Pengertian kandang koloni sendiri yaitu kandang yang digunakan bersama untuk ternak lovebird. Jadi dalam satu kandang terdapat lebih dari dua ekor burung. Biasanya kandang ini digunakan pada awal sebelum pasangan lovebird belum diketahui. Terdapat juga kelebihan lain yang bisa mendorong anda memilih kandang ini saat kondisi tertentu. Supaya lebih jelas, cobalah simak ulasan dibawah ini tentang kelebihan dan kekurangan kandang lovebird untuk koloni

  1. Kelebihan Kandang Koloni

Jika indukan lovebird anda semakin banyak, namun anda tidak ingin mengeluarkan biaya banyak untuk kandang ternak lovebird, maka kandang koloni sangat sesuai. Karena anda tidak perlu membeli satu persatu untuk setiap indukan lovebird. Anda juga tidak perlu bingung memilih tempat ketika tempat ternaknya terbatas. Kelebihan lain dari kandang ini yaitu anda akan menghemat waktu dalam memberikan makan, minum, bahkan membersihkan kandang. Hal tersebut bisa anda kerjakan dalam satu waktu

Kelebihan yang paling penting dengan kandang koloni yaitu lovebird tidak mudah stress karena memiliki banyak teman dalam satu ruang. Selain itu juga tidak sering kedatangan orang yang ingin melihatnya. Ukuran kandang koloni yang besar, menyebabkan lovebird memiliki ruang bebas untuk bergerak. Pasangan lovebirdpun tidak mudah gemuk. Perlu anda ketahui juga bahwa, lovebird yang tidak strees dan kebebasan ruang mendukung banyaknya telur yang menetas.

pxhere.com
  1. Kekurangan Kandang Koloni

Namun, jika anda memilih kandang koloni maka anda harus menjaga kesehatan lovebird. Karena apabila terdapat satu burung yang Sakit, maka akan sangat mudah menyerang burung lainnya. Tentunya anda harus segera mengambil tindakan sebelum menular. Misalnya diketahui ada lovebird yang terkena flu burung. Sebaiknya langsung diambil untuk dikarantina. Anda bisa menggunakan kandang burung lain sebagai tempat karantina. Setelah Itu, beri lovebird vitamin atau perlakuan khusus supaya sembuh. Dalam hal ini, pemantauan kesehatan lovebird setiap hari sangat penting.

Namun anda tidak perlu khawatir terkait penyakit yang mungkin menyerang ternakan lovebird karena anda bisa mencegahnya. Pencegahan yang paling penting yaitu menjaga kesehatan kandang. Anda bisa membersihkan kandang rutin setiap lima hari sekali, terutama membersihkan kotorannya. Anda juga harus mengecek kondisi air minum dan pakannya. Selain itu, berikan lovebird multivitamin minimal satu bulan sekali supaya tidak mudah terserang penyakit.

Itulah kandang ternak lovebird, dari kelebihan hingga kekurangannya. Pilihlah kandang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lovebird anda. Jagalah kebersihan kandang, dan upayakan lovebird mendapatkan minum dan pakan yang cukup.

 

 

 

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *