Kenal Lebih Dekat Dengan Mangga Keong

Kenal Lebih Dekat Dengan Mangga Keong

Mungkin jenis mangga yang satu ini belum banyak diketahui masyarakat awam. Nama mangga keong memang unik karena namanya diambil dari nama hewan. Apa sih mangga keong? Bagaimana bentuknya? Dan olahan apa saja yang dapat dibuat dari mangga yang satu ini? Berikut penjelasannya secara rinci.

 

Karakteristik Mangga Keong

Seperti mangga pada umumnya, warna kulit jenis mangga keong ini hijau. Daging buah yang oranye jika matang akan membuat Anda berpikir bahwa mangga ini seperti mangga biasanya. Namun, ukuran dan bentuknya yang mirip dengan keong menjadi penanda jenis ini. Penanaman dan perawatan jenis mangga ini tak berbeda dari jenis mangga lainnya. Ditanam di dataran rendah sekitar 500 mdpl, mangga keong dapat tumbuh subur. Dengan menyiram dan memberi pupuk secara teratur, buah yang dihasilkan akan lebih lebat dan manis.

 

Olahan Mangga Keong

Selain dinikmati buah aslinya, ternyata mangga keong dapat diolag menjadi makanan lainnya. Olahan apa saja yang dapat dibuat dari mangga ini?

  1. Manisan Mangga

Mangga keong merupakan jenis mangga yang cocok untuk dibuat manisan mangga. Caranya yaitu dengan memilih buah mangga yang tidak terlalu matang tapi juga tidak terlalu muda. Kemudian, kupas dan cuci buah mangga.

 

Setelah bersih, iris tipis-tipis daging buahnya dan sisihkan. Siapkan air rebusan gula pasir dan didihkan. Jika sudah mendidih, rebus sebentar daging buah yang sudah diiris tipis kedalam air gula. Matikan api dan biarkan selama semalam.

 

Tiriskan daging buah tersebut dan keringkan dibawah terik matahari. Pastikan Anda mengangkatnya saat daging buah mangga keong sudah benar-benar kering dan tak berair. Manisan buah mangga keong siap disajikan. Akan lebih nikmat jika dihidangkan dalam keadaan dingin.

 

  1. Sambal mangga

Sambal mangga dapat dipadukan dengan beragam olahan makanan sehingga setiap musim mangga, sambal yang satu ini menjadi menu wajib. Anda pun dapat membuatnya dari mangga keong. Siapkan sambal terasi seperti biasa lalu iris korek buah daging mangga keong ini. Campurkan sambal dan irisan mangga hingga merata. Siap disajikan.

 

Mangga keong mungkin masih awam ditelinga namun mangga ini menawarkan rasa mangga yang tak kalah nikmat dengan jenis mangga lainnya. Selamat berburu mangga keong!

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *