Kerajaan Aceh Mencapai Puncak Kejayaan pada Masa Pemerintahan

Kerajaan Aceh Mencapai Puncak Kejayaan pada Masa Pemerintahan

Pada sebuah wilayah pasti ada salah seorang yang memimpin wilayah tersebut bukan? Tidak menutup kenungkinan pula dengan wilayah Aceh sendiri pernah dan bahkan hingga kini pun masih dipimpin oleh seseorang. Pada masa pemerintahan yang dipimpin oleh siapa pun itu pasti terdapat ciri khas tersendiri dalam gaya pemerintahannya, juga oleh siapa wilayah tersebut mencapai puncak kejahaannya.

Kapan Puncak Kejayaan Kerajaan Aceh?

Nah! Untuk wilayah Aceh sendiri, tidak menutup kemungkinan jika daerah ini dahulunya pernah mencapai puncak kejayaan. Di mana wilayah ini dulunya dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda, setelah bolak-balik pergantian pemerintahan dari awal mula pemegang kekuasaannya adalah Ali Mughyat. Nah! Masa kejayaan yang merupakan tergolong tidak mudah, terlebih jika mengingat pada masa itu Kesultanan atau kepemimpinan sangat mudah dipengaruhi atau dilengserkan oleh orang-orang berharta banyak.

Dipimpin Oleh Sultan Iskandar muda

Pada masa kejayaan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Iskandar muda, menurut sejarahnya, dahulu berhasil menaklukan kerajaan Pahang, di mana wilayah tersebut merupakan wilayah penghasil timah utama. Tidak cukup itu, di tahun 1969 pula kerajaan Aceh menyerang Pasukan Portugis di Malaka dengan tujuan untuk memperluas dominasi wilayah Aceh. Tentara yang terdiri dari 60.000 serta 500 anak kapal ini membuahkan hasil yang bisa dibilang tidak memuaskan.

Pada sebuah daerah, ketika sudah mencapai titik kejayaan tidak menutup kemungkinan akan mengalami kemunduran. Di antara kemunduran-kemunduran ini ada beberapa faktor yang memengaruhi, seperti halnya semakin bertambah kuatnya kekuasaan Belanda pada masa itu terutama untuk wilayah Sumatera dan Selat Malaka, jatuhnya wilayah Minangkabau, Siak, Tapanuli, Mandailing, Tiku, Barus, Bengkulu dan Deli pada tahun 1840. Selain itu juga ada faktor lain yang merupakan perebutan kekuasaan yang terjadi antara pewaris tahta kesultanan.

Nah! Itulah sedikit informasi mengenai kemajuan serta beberapa faktor yang menyebabkan kemunduran pada wilayah Aceh. Meskipun sedikit, semoga dengan adanya informasi yang sesikit ini mampu meningkatkan pengetahuan kamu khususnya di bidang pengetahuan sosial mengenai wilayah Aceh, ya.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *