Ketahui 2 Hasil Kerajinan dari Kulit Salak

Ketahui 2 Hasil Kerajinan dari Kulit Salak

Struktur kulit salak yang bergigi dan bersisik seperti ular ternyata bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan. Kerajinan dari kulit salak memiliki nilai seni yang sangat tinggi.  Selain itu, cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi limbah. Untuk lebih jelasnya,  simak uraian di bawah ini.

Alasan Menggunakan Kulit Salak

Selama ini banyak orang yang menganggap jika kulit salak tidak bermanfaat, akibatnya menjadi limbah karena dibuang begitu saja. Padahal jika dimanfaatkan dan memiliki inovasi maka bisa dirubah menjadi kerajinan dengan nilai sangat tinggi. produk kerajinan yang dihasilkan bisa dijadikan souvenir dan dijual. Tentu ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

3 Hasil Kerajinan dari Kulit Salak

  1. Gantungan Kunci

Hasil kerajinan dari kulit salak yang pertama adalah gantungan kunci. Cara membuatnya adalah rendam bahan utama tersebut dalam air panas, lalu diamkan beberapa saat. Kemudian bentuk gabus dengan bentuk seperti yang diinginkan, lalu potong dengan cutter. Selanjutnya rekatkan kulit salak pada gabus. Terakhir pasangkan gantungan kunci.

  1. Tas dan Dompet

Kulit  salak juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tas dan juga dompet. Cara membuatnya yaitu menempelkan lembaran kulit salak pada kain sesuai dengan pola. Supaya lebih menarik maka dilukis dengan gambar klasik. Kemudian potong sesuai dengan pola yang diinginkan. Untuk menambah nilainya maka perlu memasangkan merek beserta aksesoris tambahan, lalu jahit dan dirakitan.

 

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *