Kondisi Ketika Memasuki Fase Nimfa Capung

Kondisi Ketika Memasuki Fase Nimfa Capung

 

Metamorfosis merupakan fase daur hidup yang dialami oleh hewan. Di dalam ilmu biologi, ada dua jenis metamorfosis yakni metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Kupu-kupu dan katak merupakan jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Untuk metamorfosis tak sempurna, capung menjadi salah satu contoh hewan yang mengalami fase daur hidup ini. Berbicara mengenai daur hidup yang dialami oleh capung, serangga bersayap ini melalui fase telur, nimfa dan capung dewasa. Dari ketiga fase tersebut, fase nimfa menjadi jenis pembahasan yang menarik untuk disimak. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya peristiwa yang dialami oleh capung untuk menuju ke fase capung dewasa.

Pada saat memasuki fase nimfa, capung menetas melalui telur terlebih dahulu. Proses penetasan capung dari cangkang terjadi pada perairan yang dangkal. Berbeda dengan 2 fase lainnya, capung yang berada pada fase nimfa berada pada kondisi yang ganas. Nimfa berperan sebagai karnivora yang dapat memangsa nimfa lainnya. Tidak hanya itu, nimfa serangga juga sanggung memangsa ikan kecil dan berudu yang berada di sekitarnya. Agar dapat hidup di dalam air, nimfa menggunakan insang yang terletak pada bagian ujung perutnya. Nimfa akan terus mengalami tumbuh kembang ketika berada di dalam air. Selama tumbuh kembang, nimfa juga akan mengalami pergantian kulit. Pergantian kulit atau ekdisis yang dilakukan oleh nimpa dapat terjadi hingga 12 kali dalam fasenya.

Tahapan pergantian kulit nimfa dikenal dengan sebutan instar. Fase nimfa merupakan daur hidup capung yang paling lama jika dibandingkan dengan fase telur dan fase capung dewasa. Fase nimfa dapat terjadi selama 4 minggu. Kita bahkan dapat menemukan fase nimfa selama 4 tahun lamanya. Lama fase nimfa dapat terjadi berdasarkan lingkungan dimana ia hidup dan spesies dari capung itu sendiri. Setelah capung mengalami fase nimfa, nimfa akan berubah menjadi capung dewasa. Pada saat pertama kali melakukan perubahan, tubuh capung terasa lunak dan berwarna sedikit transparan. Seiring dengan berkembangnya waktu, capung akan berubah dalam bentuk yang sempurna.

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *