Konten-Konten Youtube Yang ‘Lebih Dari TV’

Konten-Konten Youtube Yang ‘Lebih Dari TV’

Pada tahun 2014, banyak muncul akun di sosial media Instagram yang memposting beberapa video kreatif, seperti video komedi, video memasak, maupun video cerita. Orang-orang yang membuat video kreatif tersebut sering disbut dengan julukan kreator.

Namun, terbatasnya durasi video di Instagram membuat kreator di Instagram tidak dapat leluasa menyalurkan ide kreatifnya di video Instagram. Maka di tahun selanjutnya, 2015, beberapa kreator di Instagram berpindah ke media sosial Youtube, sebuah media sosial yang berisikan konten berbagai video tanpa dibatasi waktu.

Selain durasi video yang tidak dibatasi, Youtube juga memberikan keuntungan bagi penggunanya. Akun Youtube dengan viewers dan subscriber yang banyak memiliki kesempatan untuk menaruh iklan atau yang biasa disebut adsense di dalam videonya.

Dengan adanya adsense, kreator dapat mendapatkan keuntungan berupa uang dari hasil viewers adsense pada videonya. Hal ini sangat membuat kreator merasa beruntung dan termotivasi untuk terus membuat video kreatif dan memperoleh banyak viewers.

Sekarang telah banyak bermacam-macam konten di Youtube yang mampu menarik semua kalangan masyarakat untuk menontonnnya. Berikut beberapa konten Youtube yang memiliki popularitas tinggi.

pexels.com
  1. Youtube Series

Seperti sebuah sinetron dalam televisi, Youtube Series memiliki beberapa episode dalam cerita. Genre dalam Youtube Series pun beragam, mulai dari romance hingga komedi. Konten Youtube ini sangat mampu mendongkrak viewers karena episodenya yang sangat ditunggu-tunggu para subscribernya.

Selain ide cerita yang menarik, efek-efek pada Youtube Seres juga tidak kalah serunya, bahkan tidak kalah dengan film-film di bioskop maupun sinetron di televisi. Youtube series dapat menjadi alternatif bagi mereka yang bosan dengan sinetron atau series di televisi.

  1. Vlog

Jenis konten Youtube yang satu ini merupakan yang terpopuler di Youtube. Vlog adalah sebuah video yang merekam kegiatan si pemilik akun Youtube. Jika sepintas dilihat, maka vlog nampak seperti diary namun berbentuk visual. Konten ini banyak dibuat oleh artis-artis yang juga berkecimpung di dunia Youtube.

Artis-artis yang sudah terkenal memiliki kehidupan yang sangat ingin diketahui penggemarnya maupun para netizen. Hal ini menjadi faktor yang dimanfaatkan para artis untuk memperoleh banyak viewers. Tidak hanya artis beberapa orang biasa juga suka membuat konten vlog, bahkan menjadi terkenal seperti artis dengan konten vlognya.

  1. Kuliner

Dunia kuliner selalu menjadi hal yang menarik dan membuat orang penasaran. Hal ini yang mendorong para kreator untuk membuat akun Youtube tentang kuliner. Terdapat beberapa jenis konten kuliner. Menjelajah kuliner di berbagai tempat adalah salah satu konten kuliner yang cukup memiliki viewers yang banyak di Youtube.

Biasanya kreator akan pergi ke sebuah daerah lalu mengeksplor kuliner-kuliner yang ada di sana. Kreator terkenal yang biasa memposting video menjelajah kuliner adalah, Ria SW, Farida Nurhan, dan Ken and Grat. Konten Youtube kuliner yang tidak kalah banyak dilihat adalah mukbang.

Mukbang sendiri adalah konten kuliner, dimana si kreator akan memakan banyak makanan dalam satu waktu. Hal ini merupakan sebuah hal extreme yang dilakukan seorang kreator, kenekatan kreator dalam memakan makanan dalam jumlah banyak menjadi daya tarik sendiri bagi kreator. Kreator yang biasa melakukan mukbang adalah Tanboy Kun, Magdalena, dan yang viral, Kate Yup.

pexels.com
  1. Gaming

Sebuah game ternyata mampu juga dibuat sebagai konten Youtube. Beberapa orang menyebut konten yang berisi tentang game dengan sebutan Youtube Gaming. Konten Youtube ini biasanya akan menampilakn kreator yang bermain sebuah permainan game, baik di PC maupun di smartphone.

Kreator akan membuat dua layar dalam satu video, layar besar akan memperlihatkan sang kreator yang sedang bermain game, kemudian layar lainnya akan memperlihatkan game yang sedang dimainkan. Youtuber gamming mulai terkenal saat dunia game mengalami kemajuan, seperti era game mobile, seperti mobile legend dan PUBG.

Dunia game PC bahkan telah memiliki turnamen yang bertaraf internasional yang disebut dengan e-sport. Kreator Youtube gaming biasanya akan menunjukan skilnya dalam bermain permainan game. Selain itu para kreator juga mengulas game yang mereka mainkan, serta memberikan tips dan trik dalam bermain game. Kreator game yang cukup memiliki viewers banyak antara lain, Jess No Limit, Kimmy Hime, dan Pewdiepie.

  1. Horor

Konten horor menjadi salah satu dari sekian konten Youtube yang memiliki banyak viewers. Seperti konten kuliner, konten horor memiliki beberapa jenis. Konten horor yang paling sering ditemukan di Youtube adalah paranormal activity, yaitu kegiatan penelusuran kreator ke tempat-tempat horor di Indonesia.

Kreator akan mendatangi tempat-tempat yang dikenal angker di sekitar masyarakat dan mencoba membuktikan keangkerannya dengan mengunjungi dan mencari penampakan makhluk gaib.

Ada juga jenis konten horor yang tidak mengunjungi tempat horor ataupun mencari penampakan melainkan menceritakan kejadian horor yang pernah mereka alami atau pun orang lain alami atau yang biasa disebut paranormal experience. Kreator terkenal dalam konten horor adalah, Sara Wijayanto, RIsa Sarasvati, dan Joe Kal.

Banyaknya jenis konten Youtube yang menarik membuat acara televisi tergeser. Konten-konten pada Youtube dikatakan lebih kreatif dan menarik untuk ditonton. Ketersediaan kuota internet juga sangat penting untuk dapat menonton video Youtube.

Video di media sosial dapat didownload menggunakan bantuan aplikasi atau website, jika cara download video Instagram dapat menggunakan aplikasi Fastsave maka pada Youtube, video dapat ditonton offline di aplikasi Youtube itu sendiri.

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *