Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Emirat

Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Emirat

Kurma merupakan buah yang menjadi komoditas utama di negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Irak, Iran dan lain sebagainya. Dalam bahasa Arab kurma mempunyai nama yaitu Tamr. Sedangkan nama latin dari buah yang memiliki rasa manis ini adalah Phoenix dactylifera. Konon katanya buah kurma berasal dari daerah di Teluk Persia.

Pohon kurma memiliki ketinggian mulai dari 15 meter sampai dengan 25 meter. Daun pohon kurma memiliki ketinggian bisa mencapai 3 m – 5 m. Sedangkan buah kurma memiliki bentuk yang lonjong, oval atau silinder. Ukuran dari buah kurma adalah sekitar 3 cm sampai 7 cm dengan diameter sekitar 2 cm sampai 3 cm.

Tentang Kurma Emirat

pexels.com

Ada banyak sekali jenis buah kurma yang di jual baik secara grosir kurma maupun eceran di pasaran. Salah satu jenis buah kurma yang banyak di cari orang adalah buah kurma jenis Emirat. Sama seperti namanya, kurma Emirat berasal dari UEA atau Uni Emirat Arab.

Jenis kurma Emirat ini memiliki buah dengan bentuk yang bulat dengan ukuran yang kecil. Buah kurma Emirat ketika sudah matang sempurna berwarna cokelat tua.

Tekstur dari daging buah kurma Emirat adalah lengket dan basah. Rasa dari buah kurma Emirat sangatlah manis dan legit. Dengan rasa yang manis ini membuat kurma jenis Emirat sangat cocok di jadikan sebagai takjil ketika berbuka puasa baik di rumah sendiri, bersama teman-teman di kantor atau sekolah atau juga berbuka puasa bersama-sama dengan jamaah masjid.

Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Emirat

Kurma memiliki segudang khasiat dan manfaat. Begitu juga dengan kurma jenis Emirat, tentu saja sama-sama memiliki banyak manfaat serta khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat dari buah kurma jenis Emirat. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Menambah tenaga

Dalam buah kurma terdapat kandungan berupa energi dengan total 1180 kJ (280 kcal). Maka dengan rutin mengkonsumsi buah kurma akan dapat menambah tenaga dan energi pada ibu hamil dan juga orang-orang yang sudah seharian berpuasa penuh. Mengkonsumsi buah kurma juga dapat memulihkan kembali energi dan dapat mengatasi lesu serta kelelahan.

2. Untuk Ibu Hamil

Selain akan menambah energi pada ibu hamil, buah kurma emirat akan dapat memperlancar dan memperbanyak produksi air susu pada ibu hamil sehingga bayi akan dapat terpenuhi asupan dan gizi dari air susu ibu tersebut.

Maka dari itu mengkonsumsi buah kurma secara rutin sangat di anjurkan untuk ibu hamil karena memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat.

3. Mencegah Anemia

Dalam buah kurma terdapat banyak sekali kandungan gizi berupa zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah di dalam tubuh sehingga tidak akan kekurangan darah. Kekurangan darah atau sering di sebut sebagai anemia ini akan dapat membuat tubuh menjadi lesu dan tak bergairah.

Buah kurma emirat sangat di anjurkan bagi kamu yang merasa lesu dan tak bergairah yang mungkin di akibatkan oleh produksi sel darah di dalam tubuh rendah atau penyakit anemia.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi buah kurma secara rutin juga sangat baik dan bermanfaat untuk memperlancar kinerja dari sistem pencernaan. Ada banyak zat gizi yang sangat di butuhkan oleh sistem pencernaan yang terkandung di dalam buah kurma.

Kamu tidak akan mengalami gangguan atau penyakit-penyakit pencernaan ketika kamu rutin mengkonsumsi buah kurma. Beberapa penyakit pencernaan yang akan di cegah ketika kamu mengkonsumsi buah kurma antara lain adalah sembelit, disentri, dan bahkan kanker pada usus.

5. Menyembuhkan deman berdarah

Manfaat lain dari mengkonsumsi buah kurma emirat ini adalah dapat menyembuhkan penyakit berbahaya semacam demam berdarah. Jika seseorang terkena penyakit demam berdarah maka rutinlah mengkonsumsi buah kurma emirat setiap harinya karena buah kurma emirat akan dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dan trombosit pada darah di dalam tubuh orang tersebut.

Jika rutin mengkonsumsi kurma emirat maka orang yang terkena demam berdarah tersebut akan sembuh secara berkala karena jumlah hemoglobin dan trombosit di dalam tubuh orang tersebut akan meningkat.

Harga Kurma Emirat

pixabay.com

Buah kurma emirat dalam pasaran di jual dengan dua merk besar yaitu Al-Saad dan juga Date Crown. Adapun untuk harga masing-masing merk dari buah kurma emirat antara lain adalah sebagai berikut.

1. Kurma Khalas Al Sa’ad

Di jual secara grosir kurma dalam bentuk karton dengan berat 10 kg. Harga untuk satu karton dari buah kurma ini adalah sebesar 295 ribu rupiah.

2. Kurma Red Sayer Al Sa’ad

Buah Kurma Red Sayer Al Sa’ad ini di jual dalam bentuk karton curah dengan berat total sebesar 10 kg. Harga produk Kurma Red Sayer Al Sa’ad ini adalah sekitar 215 ribu rupiah per satu karton.

3. Kurma Date Crown Khenaizi

Satu karton dari produk Kurma Date Crown Khenaizi ini adalah berbobot 10 kg dengan satu karton terdiri dari 10 pack. Harga dari produk buah Kurma Date Crown Khenaizi adalah sekitar 620 ribu rupiah per satu karton atau 10 kg.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *