Memilih Kursus Mekanik Motor Injection yang Terpercaya

Memilih Kursus Mekanik Motor Injection yang Terpercaya

Di tengah sulitnya mencari pekerjaan bagi lulusan SMK ataupun SMA, kini ada solusi yang dianggap bisa mengurangi tingkat pengangguran di tengah masyarakat. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan keterampilan tertentu untuk menyiapkan generasi yang memiliki keahlian yang berguna di dunia kerja. Di Indonesia sendiri, dulu pernah menjamur LPK yang merupakan singkatan dari Lembaga Kursus dan Pelatihan. Hanya saja, fokus utama dari LPK zaman dulu hanya pada skill menjahit atau tata boga. Dalam perjalanannya, LPK menawarkan pilihan lain yang bisa diambil oleh peserta khusus, yakni kursus komputer. Dan seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak lembaga yang menawarkan berbagai pilihan program untuk mengasah keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Salah satu kursus yang cukup populer beberapa tahun belakangan adalah kursus mekanik motor injection. Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan realita yang ada, dimana banyak pabrikan sepeda motor yang menggunakan mesin dengan teknologi injeksi dan sudah meninggalkan mesin yang menggunakan karburator. Dari sudut pandang pencari kerja, kursus tersebut sangat berguna untuk mengasah kemampuan sekaligus keterampilan dalam mengutak-atik mesin injeksi dan mencari solusi yang tepat untuk setiap permasalahan yang ada. Apalagi kini setiap dealer membutuhkan mekanik yang memiliki kualifikasi tertentu, termasuk mengetahui cara kerja mesin injeksi yang kini banyak digunakan dalam sepeda motor sejuta umat.

Tips Mencari Tempat Kursus Mekanik Motor Injection

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Jadi, kursus mekanik motor injection bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin menimba ilmu yang dibutuhkan oleh pasar. Di beberapa kota besar di Indonesia sendiri kini sudah banyak lembaga yang menawarkan kursus untuk mekanik yang ingin menguasai komponen mesin injeksi sepeda motor. Jika Anda berminat untuk mencari salah satu kursus terbaik, perhatikan beberapa kriteria di bawah ini.

Pilih Lembaga Berkualitas

Banyak tempat yang menawarkan kursus untuk para mekanik yang ingin menguasai mesin motor injeksi, tapi sebelum memilih salah satu diantaranya, akan lebih baik untuk melihat kualitas dan pengalamannya. Salah satu indikator yang bisa dijadikan sebagai acuan adalah bagaimana kualitas para lulusan lembaga tersebut. Biasanya lembaga berkualitas akan menghasilkan lulusan yang langsung diserap oleh pasar sehingga peserta kursus tak perlu menunggu waktu yang lama untuk mencari pekerjaan. Tentu Anda tak ingin menganggur lebih lama karena salah dalam memilih lembaga penyedia materi kursus mekanik.

Harga Kursus

Selama ini banyak yang berpikiran bahwa untuk mendapatkan sebuah ilmu banyak diantara kita yang enggan untuk mengeluarkan biaya pendidikan. Seperti halnya sekolah, kursus pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sayangnya, banyak orang yang terkecoh dengan harga miring yang justru terkadang tidak sebanding dengan apa yang didapatkan. Meski demikian, bukan berarti pula bahwa kursus yang menawarkan harga mahal memiliki kualitas yang baik. Intinya, Anda harus benar-benar selektif dalam memilih tempat kursus beserta harga yang ditawarkan. Jangan ragu untuk membandingkan harga kursus dari satu tempat ke tempat lain guna mendapatkan penawaran yang terbaik dengan materi kursus yang tepat.

Penawaran Materi Kursus

Selain melihat harga yang ditawarkan, sebagai peserta kursus tentunya Anda juga harus mengetahui penawaran materi kursus seperti apa yang akan diajarkan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada lembaga pemberi kursus tentang materi dan praktek seperti apa yang akan dilakukan. Beberapa lembaga kursus memang menawarkan materi pengenalan sistem injeksi dan segala permasalahannya. Tapi hanya sedikit yang memberikan bonus materi lain, seperti Anti-lock Braking System, CBS, dan teknologi lain yang juga digunakan pada motor yang sudah menggunakan mesin injeksi. Dengan memilih tempat kursus yang memberikan bonus materi lain tentu akan lebih menguntungkan karena biasanya hanya mekanik yang bisa menguasai banyak hal yang mendapatkan pekerjaan terbaik.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Pasca Kursus

Beberapa lembaga hanya menyediakan kursus atau pelatihan saja, tetapi ada pula beberapa lembaga yang berani memberikan kepastian kerja bagi mereka yang bisa menyelesaikan kursus dengan predikat yang memuaskan. Jika Anda bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah prosesi kursus selesai, maka Anda bisa mencari tempat kursus yang memberikan penawaran tersebut. Setidaknya Anda bisa melakoni kursus dengan sungguh-sungguh dan berusaha untuk menjadi yang terbaik agar mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang kompetensinya seleteh kursus selesai.

Tertimoni Peserta

Terakhir, mencari tahu testimony para peserta yang pernah mengikuti kursus juga bisa dilakukan untuk mengetahui apakah sebuah lembaga kursus tersebut berkualitas atau tidak. Biasanya testimony peserta tercantum pada situs utama penyedia kursus. Atau jika Anda memiliki kenalan, Anda bisa langsung bertanya tentang bagaimana pengalaman mengikuti proses kursus mekanik tersebut. Dengan demikian Anda bisa menentukan mana lembaga penyedia kursus terbaik yang sesuai dengan tujuan dan cita-cita Anda dalam mencari pekerjaan.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *