Suka Olahraga Futsal? Yuk Intip 6 Tips Memilih Lapangan Futsal di Jakarta Barat

Suka Olahraga Futsal? Yuk Intip 6 Tips Memilih Lapangan Futsal di Jakarta Barat

 

Bagi pecinta olahraga futsal tentunya faktor lapangan menjadi prioritas utama. Menurut mereka lapangan harus terbuat dari rumput sintetis, serta aman digunakan untuk bermain. Apalagi mengingat jika permainan futsal membutuhkan manuver kelas tinggi, yang beresiko terjadinya cidera. Oleh sebab itu warga ibukota mempunyai kriteria sendiri untuk memilih lapangan futsal di Jakarta Barat. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Pilih Lapangan yang Aman untuk Pemain

  1. Pertimbangkan Jumlah Pemain

Cara bermain futsal hampir sama dengan sepak bola, yaitu siapa mencetak gol terbanyak berarti dialah pemenangnya. Letak perbedaannya ada pada ukuran lapangan yang lebih kecil, dan bisa dilakukan di area indoor. Selain itu jumlah pemain tidak berjumlah 11, melainkan 5-7 orang saja. Aturan yang digunakan pun tidak terlalu ribet seperti sepak bola, tetapi masih memegang prinsip-prinsip permainan yang sama.

Disamping masalah aturan yang sedikit berbeda, faktor lapangan harus dipilih dengan hati-hati. Pertama-tama perlu menghitung dulu jumlah pemain yang ikut bermain, syaratnya tidak boleh lebih dari batas maksimal. Jika tidak terlalu banyak yang ikut anda bisa memilih lapangan dengan ukuran kecil. Karena apabila memakai lapangan futsal yang besar jelas tidak efisien. Selain berat dari segi biaya, stamina pemain akan terkuras habis sebab jaraknya terlalu jauh.

Disarankan untuk berkunjung ke lapangan futsal di Jakarta Barat, yang menyediakan fasilitas bermain futsal lengkap dan mencukupi kebutuhan pemain. Apabila anda datang bersama dengan rombongan melebihi jumlah seharusnya. Maka bisa menyewa dua lapangan sekaligus, agar masing-masing mendapat kepuasan bermain. Namun jika hanya diperbolehkan untuk sewa satu lapangan saja, berarti anda bisa membaginya dalam beberapa kloter.

  1. Perhatikan Jenis Lapangan

Hampir sebagian masyarakat menyukai olahraga futsal, bahkan para wanita bisa memainkannya. Permainan bola ini mengajak pemain untuk berlatih sabar, fokus, dan kerja sama dalam tim. Selain soal strategi, pemilihan jenis lapangan juga perlu diperhatikan sebelum memulai permainan. Rata-rata area futsal yang disewakan berupa indoor soccer, dengan permukaan yang beralas rumput sintetis.

Lapangan sintetis ini bisa mengurangi resiko terjadinya cidera pada pemain. Bahan sintetis mampu mencengkram sepatu futsal sehingga si pemakai tidak mudah terjatuh. Sayangnya harga sewa di lapangan jenis ini cukup mahal, karena memang kualitasnya diatas rata-rata. Jika anda tidak memiliki budget cukup untuk sewa, anda bisa memanfaatkan lapangan beralas matras atau karet sebagai alternatif.

  1. Sesuaikan Ukuran Lapangan dengan Budget

Seiring berjalannya waktu perkembangan jenis lapangan futsal mulai beragam. Meskipun hanya berupa indoor soccer tetapi fasilitas yang diberikan sudah paling baik. Salah satunya lapangan futsal di Jakarta Barat, yang rata-rata sudah dilengkapi dengan rumput sintetis. Jadi bisa dibilang desain area futsal ini memiliki taraf internasional, dengan fasilitas kamar mandi serta tribun penonton.

Sebelum menyewa lapangan ada baiknya mengetahui berapa jumlah pemain. Sebab hal itu menentukan besar kecilnya lapangan yang akan disewa. Semakin besar ukuran tempat futsal maka biaya sewa yang diminta bertambah tinggi. Ukuran lapangan yang besar lebih cocok dipakai jika pemain futsal dalam jumlah banyak. Selain itu tentukan dulu akan keperluannya, untuk sekedar bermain dengan teman-teman atau kebutuhan kompetisi.

  1. Pilih Lokasi Terdekat

Bagi para pekerja kantor, bermain futsal menjadi solusi alternatif untuk melepas penat. Apalagi untuk para pegawai perusahaan besar di ibukota, yang sehari-harinya bekerja di balik meja komputer yang menjemukan. Sehingga setiap pulang kantor mereka sudah merencanakan pergi ke lapangan futsal di Jakarta Barat. Selain melemaskan kembali otot-otot yang kaku, kegiatan futsal juga menjadi agenda untuk bertemu teman-teman.

Berhubung badan sudah lelah bekerja, ditambah malas untuk menghadapi kemacetan kota, jadi usahakan cari lokasi lapangan terdekat. Maksudnya tidak terlalu jauh dari jarak kantor sehingga anda bisa menghemat tenaga. Selain itu bisa hemat transport dan waktu, karena tidak perlu menempuh perjalanan jauh. Jadi sisa uang dapat digunakan untuk membayar patungan sewa lapangan futsal bersama teman-teman.

  1. Manfaatkan Kartu Member

Biasanya setiap gelanggang futsal menawarkan kartu member kepada para pengunjung. Bagi pengelola lapangan tersebut, keberadaan membership merupakan cara jitu untuk menarik pelanggan. Tetapi bagi pelanggan kartu tersebut menjadi senjata untuk mendapatkan harga sewa lapangan murah. Biasanya lapangan futsal di Jakarta Barat memberikan potongan harga khusus para member.

Jika tidak punya kartu member, anda bisa mengajak temanmu yang memilikinya untuk bermain futsal. Tidak ada salahnya memanfaatkan milik orang lain, selama bisa menekan biaya sewa. Asalkan keuntungan ini tidak digunakan untuk kepentingan pribadi, karena satu rombongan juga mendapatkan harga sewa yang sama. Sayangnya fasilitas ini hanya bisa dipakai jika melakukan penyewaan dalam durasi tertentu.

  1. Tidak Bercampur dengan Olahraga Lain

Olahraga futsal mengandalkan ketangkasan kaki untuk menendang, atau menggulirkan bola. Ukuran lapangan yang leluasa turut andil dalam menciptakan permainan yang baik. Belum lagi saat melakukan berbagai manuver, pasti membutuhkan sisi lapangan yang bebas. Oleh sebab itu rata-rata area futsal memiliki lokasi tersendiri, artinya tidak bercampur dengan arena olahraga lainnya.

Sebab itulah lapangan futsal di Jakarta Barat memang dikhususkan untuk bermain futsal saja. Pihak pengelola sengaja tidak mencampurkan arena tambahan dalam satu tempat. Mengingat jenis lapangan yang perlu perawatan khusus, sehingga tidak bisa bila dicampur dengan olahraga lain. Takutnya dapat merusak keunggulan jenis lapangan yang tersedia, dan berpotensi untuk melukai para pemain saat bermain diatasnya.

Disamping itu anda perlu mencari lapangan futsal dengan fasilitas yang lengkap. Sebelum bermain futsal tentu anda membutuhkan ruang ganti, untuk mengganti pakaian ke seragam futsal. Selepas bermain pun anda juga memerlukan kamar mandi, untuk membilas tubuh yang penuh keringat. Maka dari itu pilih lapangan futsal dengan fasilitas tersebut, agar tidak kelabakan saat tiba di lokasi.

Bagi anda yang mempunyai komunitas sesama penggemar bermain futsal, disarankan untuk buat jersey futsal. Selain merujuk pada pakaian resmi untuk futsal, jersey juga menujukkan identitas bagi kelompok tertentu. Biasanya di bagian belakang diberi nama terang sesuai dengan pemilik kaos masing-masing. Dengan begitu angota lain dalam komunitas anda akan saling mengetahui nama sesama rekannya.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *