Lebih Kokoh, Inilah Susunan Dari Telur Kadal!

Lebih Kokoh, Inilah Susunan Dari Telur Kadal!

Pernahkan Anda menemukan telur kadal? Telur ini memang tidak mudah dijumpai. Karena sebagian kadal tidak menunjukkan telurnya keluar.

Perlu dipahami bahwa kadal berkembang biak dengan dua cara. Pertama adalah ovipar atau bertelur. Kedua adalah ovovivipar atau bertelur sekaligus melahirkan.

Kalau menemukan jenis yang kedua, Anda mungkin tidak bisa menemukan telurnya. Telur ini akan disimpan di dalam perut si betina. Kemudian beberapa hari kemudian akan pecah dan dilahirkanlah kadal kecil.

Sementara untuk yang ovipar, Anda akan menemukannya. Telurnya sangat kokoh. Ini terbentuk dari beberapa lapisan. Lapisan luar berupa sebuah cangkak yang kedap air.

Kemudian di dalamnya ada sebuah dinding sebagai selaput. Biasanya berwarna kuning. Dalam perkembangannya, telur ini akan berproses sampai akhirnya keluar kadal baru.

Kebanyakan telur ini akan diletakkan oleh induknya di area yang hangat. Ada yang diempatkan di pasir. Ada pula yang ditempatkan di vegetasi busuk.

Tujuannya tak lain untuk menjaga telur dari pemangsa. Setelah telur menetas, kadal kecil akan dibiarkan induknya. Biasanya, kadal kecil harus mulai beradaptasi dan mencari makanan secara mandiri tanpa bantuan induknya.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *