Manfaat Mengonsumsi Selai Green Tea

Manfaat Mengonsumsi Selai Green Tea

Berbeda dengan kebanyakan teh yang perlu ditambah pemanis atau juga lemon agar rasanya enak, jenis teh hijau atau yang biasa disebut matcha memiliki rasa yang benar-benar nikmat. Teh hijau mengandung asam amino L-Theanine yang membuat rasanya lebih unik.

Green tea tidak hanya dikonsumsi untuk minuman, tetapi juga diolah dan menjadi bahan tambahan pada beberapa jenis makanan seperti selai. Salah satunya adalah selai green tea yang lezat dan memiliki banyak manfaat. Mengonsumsi selai berbahan matcha ini ternyata bagus untuk kesehatan.

Manfaat Selai Teh Hijau

  1. Sumber Antioksidan

Satu mangkuk green tea matcha adalah sumber antioksidan yang lima kali lebih besar dari yang ada pada sayuran hijau. Ini merupakan kabar bagus, terlebih lagi untukĀ  masyarakat Indonesia yang tinggal di lingkungan penuh polusi.

  1. Efek Menenangkan

Daun teh hijau mengandung asam amino L-Theanine yang dapat meningkatkan produksi gelombang alfa pada otak dan memberikan efek relaksasi tanpa merasakan kantuk.

  1. Meningkatkan Memori Dan Konsentrasi

Selain relaksasi, zat L-Theanine juga menghasilkan dopamin dan serotonin. Dua senyawa tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan mood dan memori, serta membantu meningkatkan konsentrasi menjadi lebih baik.

  1. Menambah Energi

Secara alami terdapat kafein di dalam daun teh hijau. Ditambah dengan kombinasi nutrisi lainnya, matcha bermanfaat untuk meningkatkan energi. Manfaat tersebut sudah diterapkan sejak zaman dulu, teh hijau dikonsumsi untuk menambah energi ketika tentara Jepang akan berperang.

  1. Membakar Kalori

Green tea atau teh hijau sudah terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak di dalam tubuh, hingga empat kali lebih cepat dari biasanya. Matcha tidak memiliki efek samping negatif sehingga aman untuk dimanfaatkan.

  1. Membuang racun

Matcha dikenal sebagai zat detoksifikasi untuk tubuh. Manfaat mengonsumsi teh hijau adalah menghilangkan logam berat dan racun kimia dari dalam tubuh. Biasanya teh hijau perlu didiamkan dan ditutup selama beberapa hari agar produksi klorofil meningkat dan membuat warna teh hijau lebih cerah.

Demikian beberapa manfaat teh hijau yang didapat dari olahan selai green tea untuk kesehatan. Matcha ini juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan bakteri dan virus.

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *