Melon Korea, Buah Melon dengan Citarasa yang Berbeda

Melon Korea, Buah Melon dengan Citarasa yang Berbeda

Selama ini, melon merupakan buah yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Seiring perkembangannya, melon memiliki banyak jenis dan varian. Salah satunya adalah melon korea atau dikenal juga dengan nama melon chamoe. Seperti namanya, melon ini merupakan melon yang banyak ditanam dan dibudidayakan di Korea.

Sekitas tentang Budidaya Melon Korea

Sekilas, melon ini memiliki bentuk lonjong seperti timun suri, hanya saja ukurannya lebih kecil. Panjangnya sekitar kurang lebih 10 cm. Melon ini memiliki warna buah keemasan dan diselingi oleh lekuk – lekuk berwarna putih di sekelilingnya. Melon jenis ini biasanya dikonsumsi dengan kulitnya tanpa perlu dikupas karena kulit melon ini memang lazim dimakan dan tidak menimbulkan rasa pahit di lidah.

Daging buah melon ini renyah dan kadar kemanisannya bisa mencapai 15 sampai 16 persen briks, lebih tinggi daripada melon pada umumnya yang hanya mencapai 10 sampai 12 persen briks. Berat satu buah melon ini bisa mencapai 600 hingga 700 gram, beberapa di antaranya ada juga yang mencapai 850 gram. Dalam satu pohon melon, biasanya bisa menghasilkan buah sebanyak 2 sampai 3 buah melon.

Di Indonesia sendiri, melon ini belum banyak dijumpai, karena untuk membudidayakannya perlu dilakukan dalam green house dan penanaman pun dilakukan secara hidroponik. Hal ini perlu dilakukan agar kualitas dan cita rasa buahnya tetap terjaga. Namun demikian, di Indonesia buah melon ini sudah bisa ditemui, yakni di Kota Semarang, Jawa Tengah. Di sana, melon ini mulai dibudidayakan di dalam green house.

Melon ini biasanya bisa dipanen jika usianya sudah mencapai 65 hari. Untuk satu buah melon ini, biasanya dipatok di harga Rp30.000,- sampai dengan Rp50.000,- bergantung ukuran dan bentuk buahnya.

Jika berniat membudidayakan melon korea ini, sebaiknya dilakukan di green house dan penanaman dilakukan secara hidroponik. Jika penanaman dilakukan secara sembarangan, maka kualitas buahnya akan berkurang. Melon yang tumbuh di lahan yang tepat dan dirawat dengan baik, pastinya akan menghasilkan buah yang rasanya manis dan sangat segar.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *