Memahami Bagaimana Membangun Kesadaran Masyarakat Indonesia Akan Bencana Alam Yang Benar!

Memahami Bagaimana Membangun Kesadaran Masyarakat Indonesia Akan Bencana Alam Yang Benar!

Seharusnya, bagaimana membangun kesadaran masyarakat Indonesia akan bencana alam yang mungkin terjadi di sekitar? Apakah ini bisa dimunculkan sendiri atau tidak?

Bencana alam memang tidak bisa diprediksi. Bencana ini bisa datang kapan saja. Bahkan tidak mengenal waktu ataupun tempat.

Ketika bencana sudah melanda, kerugian akan ditanggung setiap individu. Baik itu kehilangan rumah, harta dan kehilangan jiwa. Lalu, bagaimana cara meminimalisirnya?

Pertama, mengedukasi warga untuk tidak melakukan hal-hal yang memicu bencana. Contohnya adalah buang sampah pada tempatnya. Cara ini sangat baik untuk meminimalisir banjir.

Kedua, mengedukasi warga agar tanggap ketika bencana alam tiba. Apa yang sebaiknya dilakukan harusnya ditularkan. Pada prakteknya, pemerintah di daerah tersebut harusnya memberikan simulasi yang baik.

Setidaknya, pemerintah tahu persis mengenai bencana apa yang sering melanda kawasan tersebut. Dengan begitu, pemerintah bisa membuat sebuah rencana yang nantinya disimulasikan pada warganya.

Simulasi ini juga harusnya dilakukan secara berulang. Gunanya untuk membuat warga lebih sadar akan bahaya bencana. Dengan pembelajaran seperti ini, timbullah kesadaran akan pentingnya menjaga alam.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *