Mengenal Burung Walet Lebih Jauh

Mengenal Burung Walet Lebih Jauh

Aerodemus Fuciphagas Aerodemud Maxcimus ialah nama latin dari burung walet yang saat ini banyak diincar dan dicari oleh sebagian masyarakat. Hal ini berkat tingkat kepopulerannya sebagai hewan ternak yang bisa hidup di berbagai wilayah, bahkan tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga sampai ke beberapa daerah di luar negeri. Burung ini ialah pemakan serangga yang memiliki kebiasaan terbang terus menerus tanpa henti sehingga ia  kerap disebut sebagai aerial. Mayoritas aktivitas terbang dan meluncur dilakukan pada siang hari dan ia akan kembali ke sarangnya ketika malam hari telah tiba.

Ciri Khas yang Dimiliki Burung Walet

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Burung walet kebanyakan memiliki bulu yang berwarna gelap atau coklat kehitaman. Selanjutnya, ia memiliki kemampuan terbang yang sangat cepat dan lincah, hal ini dikarenakan bagian kedua sayap dan tubuhnya yang ringan serta tidak terlalu besar, sehingga mudah untuk digerakkan. Ukuran sayap yang tidak terlalu besar dan berbentuk menyerupai sabit atau runcing ini memungkinkan ia dapat menggerakkan tubuhnya ke segala arah ketika sedang terbang dan bisa bertahan lama melayang-layang di udara. Akan tetapi, burung walet tidak pernah hinggap di pohon, kabel listrik dan sejenisnya dikarenakan bagian kakinya yang sangat kecil sehingga ia tidak memiliki kemampuan untuk menopangkan tubuhnya. Selain itu, ia juga memiliki bentuk paruh yang jauh lebih kecil dibandingkan burung lainnya.

Kebiasaan Hidup Burung Walet

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Di samping memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dengan kebanyakan burung pada umumnya, walet juga memiliki kebiasaan hidup yang khas dan berbeda dengan burung lainnya. Burung ini tinggal dan menetap secara alami di dalam rumah yang sedang dibangun atau bahkan gua. Biasanya tempat-tempat yang biasa dijadikan sarang alami bagi burung walet ialah kawasan yang lembab, minim cahaya atau remang-remang bahkan gelap. Sehingga, saat ini banyak dijumpai rumah khusus penangkaran burung walet yang dibangun dengan kondisi pencahayaan yang minim, lembab dan tinggi. Kebiasaan unik lainnya yang perlu diketahui dari burung walet ialah ia mampu menggunakan langit-langit dalam mulutnya sebagai tempat menempelkan sarangnya yang kelak ia jadikan sebagai tempat beristirahat dan berkembang biak. Sarang inilah yang bernilai jual tinggi dan banyak dimanfaatkan serta dicari oleh kebanyakan orang, karena sarang ini dinilai banyak mengandung zat gizi dan khasiat tertentu untuk digunakan sebagai obat. Oleh sebab itu, banyak orang mencari sarang burung walet ini untuk digunakan sebagai bahan makanan dan obat. Di samping itu, kualitas sarang burung walet yang ada di Indonesia termasuk dalam sarang burung walet terbaik yang ada di dunia.

Setelah mengetahui tentang ciri khas dan kebiasaan hidup yang dilakukan burung walet, maka penting juga diketahui mengenai sifat yang ia miliki. Seperti halnya kebiasaan hidupnya yang gemar berada pada tempat yang lembab dan gelap, maka ia kerap ditemui pada gua-gua atau tebing-tebing dekat pantai atau lautan lepas. Selain tempatnya yang terpencil dan jarang dijamah, biasanya kawasan ini berada pada ketinggian yang memadai untuk ia jadikan sebagai tempat tinggal. Di samping itu, ia juga gemar berada di kawasan yang berada di dekat perairan lembab seperti sungai atau danau dan kawasan yang dekat dengan area pepohonan yang rimbun dan tinggi. Hal ini dikarenakan di kawasan itu banyak dijumpai serangga-serangga kecil yang bisa ia jadikan sebagai bahan makanannya.

Burung Walet hampir hidup di seluruh wilayah Indonesia, karena dapat dijumpai hampir di setiap provinsi. Mungkin hanya beberapa daerah saja yang tidak dijadikan sebagai tempat hidup burung ini, seperti misalnya beberapa kawasan yang kering dan tandus. Biasanya ia mampu hidup dan menetap pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dengan rata-rata kelembapan 85-95% serta pada kisaran suhu 25°C-29°C. Burung walet merupakan salah satu jenis burung yang hidup berkelompok dan menginginkan kehidupan yang tenang di kawasan yang masih alami, bahkan ketika di rumah penangkaran, ia menyukai lingkungan yang masih alami dan belum tercemar polusi.

Dengan demikian, perlu dipelajari mengenai karakteristik dan kebiasaan hidup burung walet sebelum Anda membangun rumah penangkaran burung walet. Hal ini penting untuk diketahui agar kelak saat Anda sudah berhasil membangun rumah dengan biaya yang cukup tinggi bisa seimbang dengan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan, karena melakukan peternakan atau penangkaran burung walet ini pada dasarnya sangat menguntungkan dan banyak mendatangkan laba. Sehingga, terdapat banyak hal yang perlu Anda ketahui agar kelak burung bisa hidup nyaman dan tidak pergi atau kabur. Banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti misalnya bertanya pada orang-orang yang pernah melakukan usaha ternak walet atau bisa juga mencari banyak informasi melalui buku-buku dan berbagai sumber terpercaya yang ada di internet mengenai karakteristik, cara hidup, dan bagaimana kriteria yang diperlukan ketika ingin membangun rumah penangakran burung ini. Bahkan, Anda juga bisa download suara burung walet sebagai instrumen tambahan dalam rangka mengenal dan mengetahui lebih dalam mengenai burung walet. Selain itu, suara burung walet ini juga kerap digunakan sebagai ringtone atau nada dering.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *