Menu Sarapan Pagi yang Sederhana dan Bergizi

Menu Sarapan Pagi yang Sederhana dan Bergizi

Sarapan pagi merupakan salah waktu makan yang paling penting bagi tubuh. Sarapan pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tubuh yang telah kehilangan sumber energi selama tidur panjang mendapatkan asupan energi dari makanan yang dikonsumsi saat sarapan pagi. Oleh karena itu, sarapan pagi menjadi sumber energi bagi tubuh.

Sarapan pagi juga bermanfaat untuk membantu tubuh agar tetap fokus. Hal ini dikarenakan perut telah diisi dan kebutuhan energi tubuh telah terpenuhi. Selain itu, daya pikir orang yang sarapan pagi juga menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang melewatkan sarapan.

Sarapan pagi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan obesitas. Hal ini disebabkan orang yang terbiasa untuk sarapan pagi tidak akan merasa terlalu lapar pada siang hari. Sehingga, mereka dapat mengendalikan diri mereka untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol dan kalori tinggi. Hal ini berguna untuk mencegah obesitas dan juga menurunkan berat badan. Oleh karena itu, sarapan pagi menjadi sangat direkomendasikan untuk dilakukan.

Menyiapkan sarapan pagi memang membutuhkan waktu. Ada banyak orang yang melewatkan sarapan pagi karena terbatasnya waktu untuk menyiapkan dan mengonsumsi menu sarapan pagi. Akan tetapi, hal ini bisa disiasati dengan membuat menu sarapan pagi yang sederhana namun bergizi. Menu sarapan pagi tersebut hanya membutuhkan waktu sebentar untuk disiapkan. Selain itu, beberapa menu juga dapat dibawa dalam kotak makan dan dikonsumsi selama perjalanan menuju tempat kerja atau sekolah. Berikut ini beberapa resep menu sarapan pagi yang mudah disiapkan dan sederhana namun bergizi.

pexels.com

Resep Membuat Sandwich yang Enak dan Bergizi

Sandwich menjadi salah satu menu sarapan pagi yang direkomendasikan bagi orang-orang yang tidak mempunyai waktu untuk sarapan. Sandwich dapat dinikmati selama perjalanan menuju tempat kerja atau sekolah. Selain itu, untuk membuat sandwich hanya membutuhkan beberapa bahan dan dapat disiapkan dalam waktu yang cukup singkat. Untuk membuat sandwich telur, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan seperti telur, roti tawar, sosis, sayuran, bawang putih, lada, garam, dan mentega. Kamu dapat memilih sayuran yang kamu suka sebagai bahan sandwich seperti salada, tomat, wortel, dll.

Hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dengan cara mencuci dan memotong bahan-bahan tersebut menjadi ukuran yang sesuai. Kemudian, kamu bisa menumis bawang putih hingga harum. Setelah itu, tambahkan sayuran dan sosis secara bertahap. Untuk menambah rasa isian sandwich kamu bisa menambahkan garam dan merica ke dalam tumisan. Masak isian sandwich hingga matang dan sisihkan sementara.

Untuk membuat kulit sandwich, lubangi roti tawar di bagian tengah hingga membentuk lubang persegi. Setelah itu, masukkan roti tawar ke wajan panas yang telah diolesi dengan margarin. Masukkan isian roti yang telah disiapkan ke dalam tengah roti yang bolong. Kemudian, masukkan telur yang telah dikocok ke dalam bagian tengah roti. Setelah itu, bagian roti yang bolong bisa ditutup dengan bagian roti yang lain. Roti tawar dimasak hingga matang kemudian angkat.

Jika kamu memiliki waktu yang sangat terbatas, kamu bisa menyiapkan sandwich dengan bahan-bahan sederhana. Panaskan wajan yang telah diolesi dengan margarin. Kemudian, masukkan roti tawar ke dalam wajan. Bolak – balik hingga warna roti tawar menjadi agak kecoklatan. Setelah itu angkat. Susunlah roti tawar ke dalam piring. Kemudian tambahkan beberapa sayuran seperti sawi, tomat, dan timun ke atasnya. Kemudian, masukkan telur mata sapi ke atasnya. Tuangkan mayonais dan saus tomat atau pedas. Tutup dengan roti tawar yang lain. Sandwich sebagai menu sarapan siap disajikan.

pexels.com

Resep Membuat Mie Goreng Sayuran Sebagai Menu Sarapan

Jika kamu ingin mengonsumsi makanan yang agak berat tetapi sederhana sebagai menu sarapan, kamu dapat membuat mie goreng sayuran. Makanan ini mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral sehingga cocok digunakan sebagai salah satu menu sarapan. Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat mie goreng sayuran adalah mie burung dara (bisa juga memakai mie telur), sawi hijau, telur, kubis, bawang putih, bawang merah, saus tiram, kecap manis, gula pasir, garam, merica, minyak wijen, minyak goreng, dan bawang goreng.

Pertama, siapkan mie dengan cara direbus selama beberapa menit hingga mie menjadi lunak. Setelah itu, mie ditiriskan. Kemudian, potong sawi hijau dan kobis dalam potongan yang cukup besar. Cuci bersih sayuran hingga bersih. Kemudian, siapkan bumbu mie yaitu bawang merah dan bawang putih yang diiris tipis-tipis. Kemudian, kocok telur hingga benar-benar tercampur secara rata.

Telur yang telah dikocok kemudian dimasukkan ke dalam wajan yang telah dipanaskan dengan minyak goreng. Koyak sedikit telur dadar hingga menjadi beberapa bentuk kecil yang tidak terlalu lembut. Setelah itu, masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah diiris tipis-tipis ke dalam tumisan telur. Tumis sebentar hingga baunya menjadi harum. Kemudian masukkan sawi hijau dan kol ke dalam tumisan. Masak hingga sayuran menjadi sedikit layu. Setelah itu, masukkan mie ke dalam tumisan. Kemudian, tambahkan saus tiram dan kecap manis. Setelah itu, beri bumbu merica, garam, dan gula secukupnya. Tambahkan minyak wijen dan masak hingga matang. Jika kamu ingin tahu tentang macam-macam menu sarapan pagi, kamu bisa menuju halaman this website.

 

 

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *