Beberapa Orang Yang Tidak Berhak menerima Zakat Dan Orang-orang Yang Berhak Menerima Zakat

Beberapa Orang Yang Tidak Berhak menerima Zakat Dan Orang-orang Yang Berhak Menerima Zakat

Zakat adalah membagikan sebagian harta yang dimiliki kepada yang berhak menerima berdasarkan syarat dan ketentuannya. Hukum dari mengeluarkan zakat adalah wajib. Dimana dalam hal zakat ada tiga kategori yaitu orang yang berhak menerima zakat, orang yang dilarang menerima zakat dan orang-orang yang wajib mengeluarkan zakat.

Semua hal tersebut akan Anda ketahui dengan belajar islam. Dimana zakat sendiri dapat dijadikan sebagai salah satu untuk menolong orang-orang yang tidak mampu. Dimana dari sebagian harta orang-orang kaya ada hak dari orang-orang tidak mampu. Sehingga zakat dapat menjadi jembatan antara orang-orang kaya dengan orang-orang yang tidak mampu secara ekonomi.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas dua kategori orang dalam zakat yaitu orang yang berhak menerima zakat dan orang-orang yang dilarang untuk menerima zakat. Jadi pastikan Anda menyimak dengan benar dan semoga mendapatkan manfaat dari apa yang penulis jabarkan.

Beberapa Orang Yang Tidak Berhak menerima Zakat

Allah SWT telah menjelaskan sangat detail tentang orang-orang yang berhak menerima zakat yaitu pada surat at-Taubat ayat 60. Lalu adakah orang-orang yang tidak berhak untuk menerima zakat? Orang-orang yang tidak mempunyai hak untuk menerima zakat dalam kitab Fath al-Qarib dijelaskan terdapat sekitar 5 golongan orang yang tidak memiliki hak untuk mendapatkan zakat. Siapa saja orang-orang tersebut? berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda:

  • Orang mampu atau kaya

Kemiskinan adalah kata yang mungkin sampai saat ini masih menjadi problem diberbagai negara salah satunya Indonesia. Selain tugas pemerintah, sebenarnya untuk menuntaskan kemiskinan ini juga menjadi bagian dari tugas para orang-orang kaya.

Dimana orang-orang kaya diwajibkan untuk mengeluarkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada orang yang kurang mampu atau tidak beruntung dari segi ekonomi. Oleh sebab itu orang kaya atau orang mampu tidak berhak untuk menerima zakat karena orang kaya justru wajib untuk mengeluarkan zakat.

  • Ahlu bait

Kategori kedua yang tidak berhak menerima zakat adalah ahlu bail. Siapa itu ahlu bait? Ahlu bait adalah keluarga Rasulullah baik dari bani Hasyim maupun dari bani Abdul Mutholib.

  • Budak atau hamba sahaya

Salah satu orang yang juga tidak berhak untuk menerima zakat adalah budak atau hamba sahaya. Dimana seorang budak menjadi tanggung jawab penuh tuannya.

  • Kafir dan murtad

Orang kafir atau selain umat islam tidak berhak untuk menerima zakat. Dimana hal tersebut juga berlaku bagi orang-orang yang murtad atau keluar dari agama islam.

  • Orang yang hidupnya ditanggung oleh muzakki

Bagi orang-orang miskin maupun kafir yang sudah ditanggung hidupnya oleh orang yang mengeluarkan zakat atau muzakki juga tidak berhak untuk menerima zakat.

Beberapa Orang Yang Berhak menerima Zakat

Orang-orang yang berhak menerima zakat terdiri menjadi 8 golongan, adapun 8 golongan dari orang-orang yang berhak menerima zakat adalah sebagai berikut ini:

  • Fakir
  • Miskin
  • Qarib
  • Gharim
  • Ibnu sabil
  • Sabilillah
  • Muallaf
  • Amil zakat

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *