Indahnya Hamparan Rumput Hijau, Yuk Intip Keistimewaan Padang Savana Bromo

Indahnya Hamparan Rumput Hijau, Yuk Intip Keistimewaan Padang Savana Bromo

Bromo menawarkan wisata yang menyatu dengan alam, dan menjadi solusi terbaik saat pikiran sedang penat dan jenuh. Memilih liburan ke Taman Nasional Bromo akan membantu untuk melepas beban sejenak, dan menghirup nafas baru yang merefresh pikiran. Ada satu destinasi wisata Bromo yang akan merilekskan tubuh sejenak, yaitu padang savana Bromo yang terkenal dengan hamparan rumput hijaunya yang luas.

Padang Rumput Layaknya Permadani Hijau

Berbicara tentang Gunung Bromo tentu sudah tidak asing lagi di telinga, yang terlintas pertama pasti pemandangan matahari terbitnya yang legendaris. Padahal ada panorama yang luar biasa indah dan bisa dinikmati para pengunjung. Salah satu destinasi wisata tersebut ialah padang rumput yang membentang hijau, letaknya berada tidak jauh dari kawasan gunung Bromo. Hamparan rumputnya seringkali menjadi spot foto untuk para instagramable.

Para wisatawan mengenal hamparan hijau ini dengan nama Lembah Jemplang, sebab terletak di sisi selatan gunung Bromo. Sepintas terlihat seperti permadani hijau yang terbentang luas di alam bebas. Jika dilihat dari jauh hamparan savana hijau ini berupa bukit-bukit nan indah, yang menyerupai bukit Teletubies dalam film kartun anak-anak. Padang Savana Bromo menyuguhkan keindahan alam hijau yang sempurna, belum lagi alang-alang serta tanaman lain yang menambah keelokan pemandangan savana.

Pesona padangan rumput hijau ini memang sangat menenangkan, ditambah suasana sekitar yang sejuk dan nyaman. Savana dikelilingi oleh perbukitan hijau di bagian barat, sedangkan di sisi timur ada sebuah tebing tinggi serta dipenuhi pepohonan hijau. Keberadaan padang hijau ini seakan menggambarkan suasana kontras dari wisata Bromo. Yang awalnya penuh dengan lautan pasir, berganti melihat taman yang dipenuhi oleh ladang hijau yang menyejukkan mata.

pexels.com

Keindahan Panorama Savana

Benar adanya jika padang savana ini dikenal dengan nama Lembah Jamplang, sebab berada di kawasan lembah yang dipenuhi rerumputan hijau. Tidak hanya menyuguhkan rumput hijau saja, disini juga banyak spesies tanaman yang mendominasi. Ketika berkunjung ke padang savana Bromo,  anda akan menemukan aneka tanaman pakis, ilalang, dan jenis bunga-bunga. Salah satu jenis bunga yang tumbuh subur ialah bunga lavender, warna ungunya seakan menyelimuti lembah savana ini.

Pengunjung disarankan untuk mengunjungi savana di pagi hari, mulai pukul 8 pagi hingga 10 pagi. Karena saat pagi hari kawasan rerumputan ini masih terasa segar, ditambah hangatnya mentari menambah kesan ketenangan tersendiri untuk melepas penat. Yang perlu menjadi catatan saat mengunjungi kawasan ini ialah musim yang berlangsung. Saat musim kemarau rumput-rumput mulai mengering, sedangkan saat musim hujan jalan akan sulit ditempuh karena medannya berlumpur.

Banyak wisatawan yang pernah ke tempat ini, dan merekomendasikan untuk mengunjungi savana Bromo saat musim hujan. Sebab pada musim tersebut bunga-bunga indah mulai bermekaran, dan juga hamparan rumput terlihat lebih hijau. Menurut keterangan pengunjung anda seperti berada di New Zealand, negara yang dipenuhi oleh padang rumput hijau yang terawat apik. Bedanya di Bromo rumpu-rumput ini tumbuh dengan alami, hasil dari perpaduan alam yang sungguh mempesona.

Para wisatawan mengakui bahwa kombinasi alam dan padang savana Bromo ini sangat memukau. Pengunjung akan menemukan sebuah keunikan wisata yang tiada dua. Menyaksikan padang savana yang menghijau dan tumbuhan disekitarnya membuat pikiran lebih rileks, sebab otak menstimulan efek alam yang luar biasa. Maka dari itu banyak wisatawan yang mengklaim jika Bromo menjadi tempat pelepas stress yang tepat.

pexels.com

Bisa Ambil Swafoto Sepuasnya

Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di tempat ini, salah satunya mengelilingi padang rumput menggunakan jeep. Pengunjung bisa mengitari luasnya savana hingga ke segala penjuru. Namun yang paling unik ialah ketika hujan berhenti, hamparan rumput akan terlihat semakin segar dengan warna hijau muda yang memikat mata. Makannya para fotografer tidak pernah melewatkan momen apik ini, dan sengaja mengabadikannya.

Selain untuk tempat bertamasya lokasi ini sering menjadi titik pengambilan gambar para fotografer, mulai dari keperluan iklan hingga foto pre-wedding. Jadi tidak perlu heran apabila berkunjung kesini, anda akan menemukan banyak fotografer beserta model-model yang sedang berpose apik. Karena memang pesona padang rumput hijaunya sangat bagus jika dibidik dengan kamera handal.

Meskipun jarak tempuh untuk menuju padang savana Bromo cukup jauh, namun pengunjung tidak akan dibuat merugi. Pasalnya lelah anda akan terbayar dengan menyaksikan keindahan alam yang menajubkan. Pengunjung bebas mengambil swafoto berlatar pemandangan hijau yang mengesankan. Memiliki daya tarik yang berbeda dari yang lainnya, karena memang jarang ditemui tempat yang masih asri keindahannya seperti padang rumput ini.

pexels.com

Jalur Akses Jika Menyewa Jasa Wisata

Untuk sampai ke padang rumput Bromo pengunjung akan dituntun untuk melewati berbagai jalur. Trek jalannya tidak begitu sulit seperti menempuh ke puncak tanjakan gunung Bromo. Jika anda melewati kota Malang maka bisa berangkat lewat Bukit Jemplang, melalui rute  Malang-Tumpang-Jemplang lalu sampai di lokasi yang dituju. Atau jika melewati desa Cemorolawang, maka anda akan melalui lautan pasir pada jalur timur.

Sebaiknya untuk mengunjungi kawasan ini menggunakan kendaraan Jeep, atau kendaaran bermotor lainnya. Jika ambil jalur dari Lautan Pasir pengunjung membutuhkan waktu sekitar 20 menit, sampai tiba di lokasi padang savana. Biasanya beberapa wisatawan tidak mau repot memikirkan jarak tempuh. Langsung menyewa jasa open trip bromo untuk memudahkan akses untuk mengunjungi segala kawasan wisata Bromo.

Rute pertama pengunjung akan diantarkan menuju penanjakan satu, berhenti sejenak untuk melihat pemandangan matahari terbit. Kemudian dilanjutnya menuju Kawah Gunung Bromo yang proses aksesnya dengan berjalan kaki. Selanjutnya baru anda akan diantar ke padang savana Bromo yang menjadi fokus wisata. Lepas menikmati pemandangan karpet hijau yang luas, perjalanan dilanjutkan menuju Pasir Berbisik dan ditutup dengan tour sekitar kawasan tersebut.

Keindahan kawasan wisata Bromo memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Bahkan beberapa pengunjung mengakui tidak puas, jika hanya berkunjung satu kali saja. Sebab perapduan keindahan alam dan kearifan lokal Bromo, didapuk sebagai kombinasi wisata yang tiada dua. Kebanyakan pengunjung merasa nyaman ketika berwisata kesini, lingkungannya terkenal ramah dan sangat menghargai wisatawan. Jadi tidak heran jika Bromo menjadi list utama masyarakat ketika musim liburan.

 

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *