Penjelasan Lengkap Mengenai Perencanaan SDM Organisasi dan SDM Perusahaan

Penjelasan Lengkap Mengenai Perencanaan SDM Organisasi dan SDM Perusahaan

Baik perusahaan maupun organisasi bisa menghasilkan produk atau jasa dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjalankan mesin, mengolah barang, menentukan strategi penjualan dan melakukan hal lainnya untuk menjalankan perusahaan.  Maka dari itulkah tidak mengherankan aabila SDM menjadi salah satu faktor utama untuk  menggerakan dan memajukan perusahaan.  Dari sini bisa terlihat bahwa  perencanaan SDM organisasi dan SDM perusahaan mampu menentukan keberlangsungan baik dalam organisasi atau perusahaan tersebut yang mana akan maju ataupun malah mati.  Nantinya kualitas SDM juga akan menetukan bagaimana kualitas kegiatan manajemen yang dilakukan didalam perusahaan seperti misalnya manajemen mutu yang  akan menguntungkan apabila mempunyai sertifikat ISO 9001. Untuk itulah silahkan simak penjelasa lengkap mengenai perencanaan SDM Organisasi dan perusahaan.

Pentingnya Merencanakan SDM Organisasi dan perusahaan

Telah disampaikan sebelumnya peran dari SDM ini sangatlah penting dalam perusahaan dan organisasi sehingga sangatlah penting untuk merencanakannya terlebih dahulu.  Untuk memperkuat argumen tersebut ada beberapa tambahan alasan pentingnya untuk sebuah organisasi atau perusahaan merencanakan SDM yang dipunyai dengan baik. Adapun berbagai alasan atau argumen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mampu Memenuhi Kebutuhan SDM yang Kompeten

Dengan Anda merencanakan SDM organisasi dan SDM perusahaan dengan baik maka  mendapatkan SDM yang berkompeten yang mana sangatlah dibutuhkan tersebut akan begitu mudah.  Akhirnya nanti  berkat SDM yang berkompeten tujuan  visi misi yang dipunyai akan terwujudkan. Proses kerja, produktivitas bahkan keuntungan juga akan meningkat berkat perencanaan akan SDM Organisasi dan perusahaan dengan baik.

  1. Menambah Tingkat Efektivitas dan Efisiensi dari Perusahaan

Merencanakan SDM Organisasi dan perusahaan dengan baik mampu membuat setiap karyawan bekerja dengan optimal sesuai dengan kemampuan yang dipunyai. Ketika hal tersebut sudah terwujudkan maka  kontribusi maksimal yang meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan yang terwujdukan dengan baik. Biasanya pentingnya SDM Organisasi dan perusahaan yang satu ini akan terasa ketika harus dilakukannya penempatan ulang para karyawan.

  1. Menghemat Biaya

Alasan pentingnya  sebuah SDM Organisasi dan perusahaan merencanakan terlebih dahulu SDM-nya adalah agar mampu menghemat biaya. Hal ini bisa terjadi karena sebelum sebuah perusahaan atau organisasi membuka rekuitment akan terjadi prembakan posisi karyawannya terlebih dahulu yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Misalnya saja dengan mempensiunkan, memindahkan posisi kerja hingga memecat karyawan. Melalui hal yang satu ini  penghematan biaya akan diperoleh.

  1. Membangun Sistem Informasi Akurat dalam SDM

Perlu Anda ketahui bahwa dengan keberadaan perencanaan SDM Organisasi dan perusahaan yang matang mampu mendorong terbangunnya sistem informasi akurat dalam SDM tersebut.  Keberadaan sistem informasi ini secara langsung berdampak baik dalam keberjalanan perusahaan.

  1. Menciptakan Hubungan Kerja yang Baik dan Harmonis

Ketika seluruh SDM Organisasi dan perusahaan ini berisi orang yang kompeten dalam jabatan maupun tugasnya  pasti hubungan yang harmonis akan terwujudkan.  Setiap SDM mamu bekerjasama sesuai dengan job desk masing-masing sehingga apa yang menjadi tujuan visi misi organisasi ataupun perusahaan terwujudkan dengan mudah tanpa perlu waktu yang lama pula.

Proses Dalam Merencanakan SDM Organisasi dan Perusahaan

Terdapat empat proses dalam merencanakan SDM organisasi dan SDM perusahaan yang harus Anda ketahui. Keempat proses tersebut adalah langkah yang harus ditempuh yakni pertama mengidentifikasi persediaan tenaga kerja  yang tersedia saat ini, memperkirakan kebutuhan SDM di masa depan,  memperkirakan permintaan SDM dan menyusun strategi dan implementasi pencarian SDM. Berikut adalah penjelasan keempat proses merencanakan SDM Organisasi dan perusahaan:

  1. Mengidentifikasi Tenaga Kerja yang Tersedia Saat ini Dalam Organisasi Atau Perusahaan

Pertam-tama dalam proses merencakankan SDM Organisasi dan perusahaan ini, harus dilakukan identifikasi mengenai tenaga kerja yang masih tersedia saat ini.  Dalam proses identifikasi ini meliputi studi komprehensif menyangkut aspek SDM, misalnya seperti kemampuan, kualifikasi, pengalaman, usia, kinerja dan masih banyak lagi.  Proses ini akan melibatkan manajer tim organisasi atau perusahaan agar mampu menghasilkan keputusan yang tepat di perencaan SDM Organisasi dan perusahaan.

  1. Memperkirakan Kebutuhan SDM di Masa Mendatang

Berikutnya setelah langkah pertama proses perencanaan SDM Organisasi dan perusahaan selesai, Anda harus memperkirakan kebutuhan SDM masa mendatang. Yang harus dipertimbangkan dan dibutuhkan dalam proses ini adalah pengurangan SDM, promosi jabatan, mutasi karyawan, pemecatan  hingga jumlah lowongan yang akan dibuka. Berbagai variabel lainnya seperti misalnya pengunduran diri SDM maupun pemecatan juga harus dipertimbangkan.

  1. Memperkirakan Permintaan SDM

Langkah berikutnya adalah HR akan mencocokan  proses pertama dan kedua perencanaan SDM Organisasi dan perusahaan ini yakni mencocokan antara jumlah tenaga kerja yang tersedia dan perkiraan kebutuhan SDM yang ada. Nantinya akan terbuat perkiaan permintaan atau yang lebih dikenal dengan demand forecast.

  1. Strategi serta Impelementasi dalam Pencarian SDM Organsiasi maupun Perusahaan

Untuk menyusun serta mengimplementasikan penyusunan SDM Organisasi dan perusahaan, diperlukan evaluasi supply dan demand SDM.  Strategi yang dibentuk ini diharuskan untuk  menjadi solusi  permasalahan terkait SDM yang ada dalam organisasi maupun perusahaan.  Biasanya HR akan melakukan outsourcing, rekutmen, pelatuihan hingga mnajemen SDM. Terkadang  juga terjadi perubahan kebijakan SDM dalam sebuah organisasi maupun perusahaan.

 

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *