Potong dan Grafir Acrylic dengan CNC Router

Potong dan Grafir Acrylic dengan CNC Router

Akrilik atau acrylic merupakan jenis bahan yang termasuk dalam kelompok plastik. Namun, dibanding dengan plastik, akrilik memiliki lebih banyak nilai tambah yang membuatnya lebih unggul. Meskipun termasuk ke dalam kelompok plastik, namun akrilik tersedia juga dalam  warna transparan yang menjadikan bahan yang satu ini terlihat seperti kaca.

Sebagai bahan yang termasuk dalam kategori plastik, akrilik memiliki sifat-sifat yang lentur, mudah dibentuk, ringan, dan tahan lama. Selain itu, akrilik juga memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki jenis plastik yang lain di antaranya sifatnya yang kuat dan memiliki ketahanan benturan yang lebih baik daripada kaca, tahan terhadap suhu dingin maupun suhu panas, serta lebih ramah lingkungan.

pixabay.com

Akrilik merupakan jenis bahan yang mudah dibentuk sehingga bahan yang satu ini sering dijadikan pilihan sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan. Akrilik mudah dibersihkan, tidak mengandung racun, serta mencegah perkembangbiakan mikroorganisme sehingga dapat digunakan sebagai tempat makanan.

Berdasarkan bentuknya, akrilik digolongkan menjadi dua yaitu akrilik ekstrusi dan akrilik cetak. Akrilik ekstrusi merupakan jenis akrilik yang berbentuk lembaran. Karena berbentuk lembaran inilah jenis akrilik yang satu ini memiliki kemungkinan mengandung kotoran dan lebih mudah untuk tergores. Meskipun begitu, akrilik ekstrusi yang kini beredar di pasaran mutunya sudah sangat baik.

Akrilik cetak merupakan jenis akrilik selain akrilik ekstrusi. Akrilik jenis ini kualitasnya lebih baik dan lebih tinggi dibanding akrilik ekstrusi. Hal ini karena akrilik cetak merupakan akrilik buatan pabrik yang tidak asal cetak melainkan sesuai kebutuhan. Akrilik cetak dibuat dengan melalui proses pembentukan serta penghalusan menggunakan mesin besar.

Akrilik tersedia dalam berbagai variasi warna mulai dari transparan, warna putih doff atau susu, akrilik berwarna baik warna pekat maupun transparan, hingga akrilik riben yang warnanya seperti kaca riben. Karena tersedia dalam banyak warna dan sifatnya yang kuat namun mudah dibentuk, akrilik digunakan untuk membuat gantungan kunci, plakat, plang nama hingga dekorasi rumah.

CNC Router merupakan suatu mesin yang kendalinya menggunakan komputer, yaitu dengan menggunakan bahasa numerik yang berupa huruf dan angka. Karena kendalinya menggunakan komputer, mesin ini sangat tepat, fleksibel dan teliti sehingga sangat cocok digunakan dalam produksi skala besar. Mesin CNC ada dua macam yaitu mesin CNC Miling dan CNC Bubut.

pixabay.com

Mesin CNC dapat membuat bentuk lingkaran, linear atau garis bahkan bentuk parabola dengan mudah karena mesin ini menggunakan bahasa numerik yang telah disesuaikan dengan standar ISO. Mesin CNC memiliki fungsi serta kegunaan yang hampir sama dengan mesin laser cutting yaitu untuk memotong, menggrafir, dan membuat marka yang akan diulas sebagai berikut:

  1. Memotong

Mesin CNC dapat digunakan untuk memotong berbagai bahan material. Selain dapat memotong bahan dengan cepat, hasil potongan dari mesin ini juga tidak mengecewakan karena hasilnya dalam presisi yang baik. karena itulah bahan yang dipotong menggunakan mesin ini hasilnya sangat bagus.

Di antara berbagai macam bahan yang bisa dipotong oleh mesin CNC, acrylic merupakan salah satunya. Dengan kelebihan mesin tersebut, potong dan grafir acrylic dengan CNC router bisa dilakukan dalam waktu yang cepat. Produk yang dihasilkan juga rapi dan berkualitas tinggi sehingga tidak mengecewakan pelanggan.

  1. Membuat marka

Membuat marka artinya memberikan tulisan atau simbol pada bahan tertentu. Tujuan pembuatan marka adalah agar orang lain dapat dengan mudah mengenali suatu industri atau perusahaan melalui marka atau tanda tersebut. Pembuatan marka biasanya dilakukan di beberapa bahan seperti alumunium, kaca, kayu dan sebagainya.

  1. Menggrafir

Selain dapat memotong dan membuat marka, mesin CNC juga dapat digunakan untuk menggrafir. Artinya, mesin ini dapat digunakan untuk memahat. Namun, berbeda dengan memahat yang membutuhkan waktu lama, mesin ini dapat memahat dalam waktu yang cepat yang istilahnya dikenal dengan nama ‘grafir’.

Dengan kata lain, mesin ini tercipta untuk memproduksi berbagai macam barang berkualitas dalam waktu yang lebih singkat. Proses grafir umumnya digunakan dalam pembuatan perhiasan, aksesoris, hingga trofi. Proses potong dan grafir acrylic dengan CNC router misalnya, bisa menghasilkan berbagai produk yang berkualitas.

CNC router dapat digunakan untuk membuat marka yang dapat digunakan untuk membuat orang-orang mengenali suatu industri atau perusahaan, sehingga dapat digunakan untuk advertising maupun reklame. Untuk menghasilkan media advertising maupun reklame yang diinginkan, dapat dengan menggunakan jasa CNC router.

karena berbentuk mesin, mesin CNC router ini dihargai dengan harga yang tinggi. Untuk itu, jika ingin menghasilkan suatu produk dalam jumlah banyak dengan menggunakan CNC router, mengambil langkah untuk menyewa jasa CNC router sangat direkomendasikan. Selain menghemat waktu, meminjam tenaga dari penyedia jasa berarti menyerahkan pekerjaan tersebut pada ahlinya.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *