Resep Bolu Panggang Nikmat dan Hemat Telur

Resep Bolu Panggang Nikmat dan Hemat Telur

Resep bolu panggang di bawah ini bisa Anda coba untuk memberikan menu sarapan yang berbeda kepada keluarga tercinta. Kue bolu panggang memang digemari banyak orang karena rasanya yang halus, empuk dan rasa manisnya yang legit.

Kabar baiknya, resep di bawah ini tidak terlalu membutuhkan banyak telur, jadi bisa lebih ekonomis. Anda juga bisa sering-sering membuatnya karena bahan banyak ditemukan dan prosesnya juga mudah. Yuk langsung saja disimak di bawah ini ulasannya.

Resep Pertama Membuat Kue Bolu Panggang

Bahan-bahan yang Anda butuhkan di antaranya adalah 100 gram tepung terigu, 100 gram gula pasir dan 50 gram mentega yang sudah dicairkan. Selain itu siapkan juga 3 butir telur, 1 butir kuning telur, ½ sdm susu bubuk, ½ sdt vanili bubuk, ½ sdt cake emulsifer dan ½ sdm pewarna pandan.

Setelah bahan-bahan membuat kue bolu panggang siap, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyipakan wadah untuk membuat adonan. Masukkan kuning telur, gula pasir dan emulsifer ke dalam wadah dan kocok hingga tercampur dan mengembang sempurna. Anda bisa menggunakan mixer atau mengocoknya secara manual.

pexels.com

Setelah telur, gula pasir dan emulsifer terkocok dengan sempurna, masukkan tepung terigu dan susu bubuk lalu aduk hingga rata. Jangan sampai ada yang ada tepung yang menggumpal karena akan mempengaruhi hasilnya nanti.

Jika adonan sudah tercampur dengan sempurna, masukkan mentega yang sudah dipanaskan. Tambahkan juga pewarna pandan lalu aduk hingga mentega cair dan pewarna bisa tercampur seluruhnya dengan adonan. Anda bisa berhenti setelah adonan berwarna hijau khas pandan.

Siapkan loyang atau cetakan kue bolu, kalau memungkinkan cari yang diameternya berukuran 20 cm. Olesi loyang tersebut dengan mentega agar adonan tidak akan menempel jadi mudah dibersihkan. Jika loyang sudah diolesi dengan mentega, tuangakan adoanan kue bolu panggan dan panggan di oven dengan suhu 1800 derajat.

Tunggu adonan hingga matang, jika Anda ingin mengecek kematangan kue bolu panggang maka bisa menggunakan lidi atau garpu. Tusukkan lidi ke dalam kue dan cabut, jika masih ada adonan yang masih menempel pada lidi, berarti kuenya belum matang. Jika sudah matang keluarkan kue dari oven, dinginkan dan potong kue sesuai selera Anda.

pexels.com

Resep Kedua Membuat Kue Bolu Panggang

Untuk membuat resep kue bolu panggang kedua ini, bahan-bahan yang harus disiapkan di antaranya adalah 4 butir telur, 30 gram gula pasir dan 60 gram terigu. Selain itu siapkan juga 4 putih telur, margarin 50 gram, ½ sdt vanilla esens, ½ sdt garam, ½ sdt cream of tartar dan ½ sdt baking powder.

Bahan-bahan lain yang harus Anda siapkan adalah 50 gram gula pasir, 10 gram tepung maizena, 1 sdm susu cair dan 30 gram keju. Setelah semua bagan siap proses pembuatan kue bolu panggang bisa dimulai.

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum membuat kue bolu panggang adalah peralatannya. Misalnya saja loyang, wadah adonan, mixer, oven dan lain sebagainya. Siapkan peralatan dan bahan membuat kue di dekat Anda, jadi Anda bisa lebih nyaman dan fokus ketika membuat kue.

Anda mungkin membutuhkan timbangan untuk mengukur bahan-bahan untuk membuat kue. Bahan yang akan dijadikan adonan harus presisi agar jika sudah jadi tidak akan mengecewakan. Oya, tepung terigu yang digunakan untuk membuat resep ini harus benar-benar halus jadi mungkin Anda membutuhkan ayakan.

Jika bahan dan peralatan sudah siap, masukkan kuning telur, gula pasir dan emulsifier ke dalam wadah. Setelah itu kocok menggunakan mixer atau manual hingga mengembang dan warnanya berubah menjadi pucat. Dalam wadah yang berbeda campurkan putih telur, cream of tartar dan garam lalu kocok hingga mengembang. Tambahkan juga 50 gram gula pasir dan aduk hingga merata.

Gabungkan kocokan kuning telur dan putih telur dalam satu wadah lalu tambahkan tepung terigu, maizena dan baking powder lalu aduk hingga tercampur rata. Setelahnya Anda bisa memasukkan parutan keju dan margarin cair lalu aduk lagi hingga adonan tercampur sempurna.

Masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang di oven selama 30 menit. Jika sudah kue bolu panggang sudah matang Anda bisa mengangkatnya kemudian dinginkan. Selanjutnya Anda bisa memotongnya sesuai selera Anda dan sajikan di piring.

Demikianlah resep kue bolu panggang yang nikmat dan tidak terlalu membutuhkan banyak telur. Resep di atas sangat simple dan bisa Anda praktikkan dengan mudah di rumah. Oya, untuk info terlengkap tentang resep dan hal menarik lainnya silahkan langsung saja kunjungi alamat site tipsberbagi.com ya.

 

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *