Daftar Tanda Baca Alquran  dan Cara Mudah Menghapalkannya

Memahami tanda baca Alquran merupakan kunci  utama dasar bisa membaca Alquran. Tanda baca tersebut bisanya disebut juga dengan sebutan Harakat yakni sebuah tanda baca yang dipergunakan dalam membunyikan huruf hijaiyah atau abjad arab.   Biasanya pula, harakat dimanfaatkan untuk menekan sebuah kata terutama pada kata yang masih  tidak umum agar para pembaca tidak melakukan kesalahan pembacaan.  Pemakaian dari harkat sendiri utamanya adalah mempermudah pemacaan huruf arab kepada  orang pemula yang baru belajar Alquran atau bahasa arab. Oleh karena di Indonesia digunakan huruf konsonan dalam mengibaratkan huruf hijaiyah, maka tanda baca untuk Alquran diibaratkan sebagai huruf vocal.  Tanda baca tersebut fungsinya adalah menentukan pengucapan huruf hijaiyah Alquran seperti apa yang benar.  Dari seluruh penjelasan yang ada tentunya bisa disimpulkan bahwa keberadaan tanda baca ini sangatlah penting sehingga Anda harus bisa memahami, menghapalkan dan mengetahuinya sama penting dengan keberadaan quran dan terjemahan. Untuk itulah simak penjelasan daftar tanda baca untuk Alquran serta cara mudah untuk menghapalkannya.

pxhere.com

Daftar Tanda Baca Alquran yang Harus Anda ketahui

Terdapat beberapa bentuk tanda baca dari Alquran yang masing-masingnya mempunyai fungsi tersendiri terhadap pengucapannya. Adapun berikut ini adalah tanda baca  didalam  Alquran yang mesti Anda ketahui, simak dan pahami dengan baik:

  1. Fathah dan Kasrah

Daftar pertama tanda baca dalam Alquran yang harus Anda ketahui adalah fathah dan kasrah. Secara harafiah, fathah mempunyai arti membuka sedangkah kasrah  artinya melanggar.  Tanda baca  fathah di Alquran ini bentuknya garis horizontal yang terdapat di atas huruf hijaiyah. Untuk kasarah sendiri  bentuknya juga sama garis horizontal tetapi yang berada di bawah huruf hijaiyah. Fathah melambangkan fonem ‘A’ dan kasarah melambangkan fonem “I”.

  1. Dammah dan Sukun

Fonem u dalam Alquran dilambangkan dengan Dammah. Maka apabila huruf hijaiyah ditambahkan dammah  maka untuk membacanya akan berbunyi ‘u’. Tanda baca di Alquran yang satu ini bentuknya merupakan huruf waw kecil. Peletakkannya berada di atas huruf hijaiyah.  Sedangkan sukun merupakan  tanda baca yang melambangkan matinya suatu huruf.  Bentuk sukun ini bulat yang ditempatkan di atas huruf hijaiyah.

  1. Tasydid

Tasyid merupakan tanda baca Alquran yang bentuknya seperti kepala  yang berasal dari huruf sin. Peletakkan atau penempatannya berada di bagian atas huruf hijaiyah.  Tanda baca tersebut melambangkan penekanan terhadap konsonan tertentu yang penulisannya menggunakan simbol ganda konsonan.

  1. Tanwin

Tawin merupakan tanda baca di Alquran yang harus Anda ketahui berikutnya. Tanda baca ini dpergunakan untuk menyatakan bahwa huruf terakhir daam sebuah kata harus diucapkan seperti bertemu dengan huruf nun mati. Dalam penulisannya, tanda baca  di Alquran tersebut akan ditulis bersamaan dengan harakat lainnya. Misalnya Dammah dengan dammatan, kasrah dengan kasratan dan lain sebagainya.

  1. Harakat Panjang

Tanda baca di Alquran harakat panjang ini bisanya sering digunakan pada bacaan yang dipajangkan atau bacaan mad. Terdapat dua jenis  tanda baca Harakat panjang ini yang harus diketahui. Pertama adalah tanda  harakat panjang yang asalnya dari tanda baca hidup berbasi seperti dammah dan kasrah. Untuk membaca harakat panjang tersebut, Anda harus melafalkannya selama dua ketukkan atau sebanyak satu alif. Sementara itu jenis tanda baca di Alquran harakat panjang yag harus Anda ketahui ini disimpulkannya dengan ~. Untuk pembacaan dari tanda baca tersebut ini dibaca  lima sampai enam kali ketikan atau  dua setengah sampai tiga alif.

pixabay.com

Cara Mudah Memahami dan Menghapalkan Tanda Baca di Alquran

Memang tidak sedikit tanda baca Alquran tersebut sehingga Anda harus mengerahkan tenaga ekstra untuk menghapalkan dan memahami seluruhnya. Anda tidak boleh menyerah begitu saja karena terdapat beberapa cara ampuh yang akan memudahkan Anda melakukan hal tersebut.   Untuk itu silahkan simak informasi cara mudah memahami dan menghapalkan tanda baca di Alquran ini secara menyeluruh. Jangan sampai ada yang tertinggil pasalnya mengetahui tanda baca tersebut adalah sebuah dasar Anda belajar Alquran. Berikut adalah berbagai cara yang dimaksud:

  1. Belajar dari Sumber Materi Harakat yang Lengkap dan Mudah Dipahami

Terdapat banyak sumber media pembelajaran tanda baca di Alquran ini yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar.  Misalnya saja buku tajwid Alquran yang pasti akan membantu Anda dalam mempelajari setiap tanda baca yang ada. Anda juga bisa menemukan materi harakat yang tepat dan mudah dipahami lewat internet di situs khusus internet ataupun dari youtube.  Yang paling disarankan adalah Anda belajar dari Ustad atau guru mengaji yang ahli dalam membaca Alquran agar bisa membantu  dalam memahami dan menghapal tanda baca.

  1. Membulatkan Tekad dan Niat

Anda harus mempunyai tekad dan niat yang kuat apabila hendak belajar membaca Alquran  yang pertama diharuskan untuk paham dan hapal berbagai tanda baca yang ada didalamnya. Apabila Anda sudah bertekad dan beriniat dengan maksimal pastinya akan selalu  bersemangat untuk belajar. Proses belajar pun akan lebih cepat masuk dan lebih mudah diingat.

  1. Sabar

Tentu saja perlu waktu untuk Anda paham dan hapal semua tanda baca yang terdapat di Alquran.  Maka dari itulah silahkan bersabar dan tetap berusaha keras agar hasil maksimal didapatkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *