Bagaimana Teknik Membuat Makalah Bahasa Inggris yang Baik dan Benar ?

Makalah merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang biasanya dibuat sebagai hasil laporan penelitian atau kegiatan yang bersifat ilmiah. Pembuatan sebuah makalah harus memenuhi kaidah-kaidah yang berlaku supaya makalah tersebut lebih terstruktur dan mudah dipahami oleh pembaca.

Pembuatan makalah tidak hanya bisa menggunakan bahasa indonesia saja tetapi juga bahasa inggris. Bagaimana teknik penyusunan makalah berbahasa inggris yang benar? Berikut informasinya.

Teknik Pembuatan Makalah Berbahasa Inggris

Pixabuy

Teknik menulis makalah bahasa inggris sebetulnya hampir sama dengan penulisan makalah bahasa indonesia.. Tetapi sebelum anda menyusun makalah menggunakan bahasa inggris maka pastikan anda memahami penggunaan kalimat dan perbendaharan kosa kata bahasa inggris yang cukup banyak. Dengan begitu anda tidak akan mengalami kesulitan ketika harus menyusun kalimat dalam makalah.

Bagi anda yang masih pemula dalam dunia penulisan makalah yang berbahasa inggris maka perlu tahu apa saja teknik dalam penulisan makalah tersebut. Berikut ini akan dijelaskan teknik-teknik dalam pembuatan makalah yang berbahasa inggris untuk menambah wawasan anda.

1. Menguasai Pembuatan Makalah Bahasa Indonesia

Hal yang sangat penting anda perhatikan ketika menulis makalah berbahasa inggris yaitu anda harus memiliki kemampuan menyusun makalah bahasa indonesia yang benar dan baik. Dengan begitu anda bisa mempraktikkan kemampuan tersebut ke dalam penyusunan makalah berbahasa inggris. Bayangkan saja bila anda sama sekali tidak mempunyai kemampuan dan pengetahuan menulis makalah dalam bahasa indonesia maka dipastikan anda akan kesulitan saat harus menyusun makalah menggunakan bahasa inggris.

2. Penguasaan Bahasa Inggris

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebelum anda menulis makalah yang berbahasa inggris maka anda perlu juga paham dan menguasai bahasa inggris. Tentunya penguasaan bahasa inggris tersebut meliputi struktur kalimat serta cara pengungkapan yang benar.

Dengan begitu anda bisa menghasilkan sebuah makalah yang menggunakan rangkaian kalimat secara jelas, akurat dan logis. Tentunya hal tersebut juga membuat makalah yang anda bisa lebih mudah diterima oleh pembaca.

Supaya wawasan dan penguasaan bahasa inggris anda lebih bagus maka anda bisa membaca literatur berbahasa inggris sebanyak mungkin terutama yang berkaitan dengan teknologi dan sains.

Perlu anda pahami juga bahwa penggunaan bahasa inggris dalam makalah atau karya ilmiah sebetulnya tidaklah rumit karena hanya memakai kosa kata sederhana dan tidak terlalu bervariatif. Bagi penulis makalah berbahasa inggris tidak perlu khawatir karena meskipun memakai bahasa inggris makalah tersebut tidaklah sulit dibuat.

Beberapa Aturan Penulisan Makalah Berbahasa Inggris

Pixabay.com

Setelah memahami penjelasan di atas tentu membuat anda lebih cermat ketika ingi menyusun makalah berbahasa inggris. Dalam membuat makalah berbahasa inggris maka anda harus menyusun outline atau kerangka terlebih dahulu.

Pembuatan outline harus merujuk pada aturan standar penulisan atau aturan yang diberikan oleh penyelenggara. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan beberapa aturan umum dalam pembuatan makalah berbahasa inggris yang perlu anda ketahui.

Introduction

Pada bagian ini anda akan menyusun latar belakang dari topik makalah. Dimana latar belakang makalah dimulai dari alasan memilih topik, benefit hingga tujuan pembahasan dan berbagai sudut pandang yang disertai dengan pengambilan keputusan pemilihan objek. Anda bisa menyertakan data statistik untuk gambaran awal namun berikan juga penjelasan. Pastikan membuat bagian introduction ini secara sederhana, singkat dan tepat guna.

Body of Essay

Bagian ini merupakan bagian pokok pembahasan atau isi dari sebuah makalah. Dalam bagian ini biasanya semua analisa akan diulas secara jelas dan mendalam. Cantumkan juga beberapa teori yang mendukung agar memberikan gambaran yang lebih mendalam terkait dengan topik yang dibahas.

Tetapi anda tidak perlu mencantumkan teori yang berlebihan karena cukup beberapa saja yang bisa mewakili dari isi pembahasan makalah. Lalu sertakan juga beberapa fakta serta data di bagian selanjutnya yang menunjukkan situasi sebenarnya dari objek yang sedang dibahas. Akhiri bagian isi dengan beberapa analisa simpel berkaitan dengan bahasan serta objek tersebut kemudian hubungan dengan teori yang anda cantumkan pada bab ini.

Conclusion

Pada bagian terakhir sebuah makalah yang berbahasa inggris berisi kesimpulan. Dimana bagian ini akan mengulas secara jelas mengenai apa saja yang sudah berhasil dibahas dalam bagian isi. Terutama untuk hasil analisa dari data dan situasi terkini. Anda juga perlu mencantumkan komentar sebagai penilaian terhadap situasi atau objek yang menggambarkan frekuensi anda terhadap pembahasan dalam makalah.

Melalui penjelasan di atas tentu kini anda sudah memiliki gambaran mengenai pembuatan makalah berbahasa inggris secara lebih jelas. Bila anda masih kesulitan menyusun makalah berbahasa inggris maka anda bisa mengikuti kursus bahasa inggris di Kampung Inggris Kediri. Dengan begitu anda bisa meningkatkan kemampuan dan penguasaan berbahasa inggris sehingga memudahkan anda dalam menyusun makalah yang anda butuhkan.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik membuat makalah bahasa inggris yang bisa menambah wawasan anda. Menyusun makalah dengan memperhatikan teknik dan aturan yang tepat maka dapat membantu anda menyusun makalh secara baik dan benar. Selain itu makalah tersebut lebih mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai kalangan.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *