Tips Memulai Bisnis Jualan Lipstik dan Macam-Macam Jenis Produknya

Tips Memulai Bisnis Jualan Lipstik dan Macam-Macam Jenis Produknya

Ingin mencoba bisnis jualan lipstik? Salah satu jenis make up yang satu ini memang tak pernah lepas dari wanita. Minat terhadap pemoles bibir ini bahkan kian meningkat tiap waktu seiring dengan inovasi jenisnya yang beragam.

Demi tampil cantik dan menarik, tak jarang seorang wanita rela menghabiskan banyak biaya. Hal ini membuat bisnis kosmetik terutama lipstik memiliki peluang yang lebar dan sangat menguntungkan. Bukan tidak mungkin pelaku usaha bisa mendapat untung besar dan sukses dalam bisnis kosmetik yang satu ini.

Tips Memulai Bisnis Usaha Jualan Lipstik

pexels.com

Nah, bagi Anda yang ingin mulai menjalankan bisnis dengan menjual lipstik, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Tentukan Konsep Usaha

Ada beragam konsep usaha yang bisa Anda pilih, seperti toko, waralaba, stand, atau rumahan dan online shop. Anda bisa menentukan mana yang sesuai dengan modal dan target pemasaran lipstik Anda.

  1. Target Pasar

Dalam bisnis jual beli lipstik ini Anda bisa menargetkan kalangan wanita dewasa atau remaja dan ibu-ibu. Dengan target pasar ini Anda dapat menyusun rencana pengelolaan dan jalannya usaha yang Anda bangun.

  1. Siapkan Modal

Modal untuk mulai berbisnis kosmetik apalagi lipstik tidaklah terlalu besar. Tapi meski begitu, Anda harus merencanakan finansial usaha secara rinci. Jika usaha sudah mulai berjalan, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir agar lebih mudah untuk membantu laporan keuangan usaha Anda.

  1. Jual Produk Berkualitas

Produk lipstik palsu sangat marak ditemukan di pasaran, hal ini tidak lain karena oknum penjual yang ingin mendapat untung besar. Menjual lipstik palsu tidak hanya berbahaya bagi konsumen. Namun juga bisa berdampak buruk pada bisnis Anda ke depannya. Oleh sebab itu, pastikan lipstik yang Anda jual adalah produk dengan kualitas baik dan aman agar pembeli merasa puas.

  1. Ikuti Trend

Trend lipstik sangatlah dinamis alias terus berubah mengikuti trend kecantikan. Lipstik yang banyak diminati pada sekarang ini belum tentu akan berlaku sama di masa mendatang. Untuk itu, Anda tidak boleh ketinggalan info-info terkait perkembangan trend lipstik. Agar Anda selalu update dan produk lipstik yang Anda jual relevan dengan keinginan pembeli.

  1. Pelayanan Ramah

Konsumen biasanya akan banyak bertanya mengenai keunggulan dan keamanan produk lipstik yang Anda jual. Untuk itu Anda harus siap menjawab beragam pertanyaan tersebut dengan sikap ramah. Karena dengan begitu, konsumen akan merasa senang karena dilayani dengan baik.

  1. Lakukan Promosi

Dalam berjualan lipstik, Anda juga harus melakukan promosi agar produk lipstik yang Anda jual bisa dikenal masyarakat. Anda dapat berpromosi secara offline dengan menyebar brosur atau secara online di media sosial.

Macam-Macam Jenis Lipstik

pexels.com

Ketika Anda ingin mulai berbisnis dengan jualan lipstik, maka Anda setidaknya harus tahu jenis-jenis lipstik yang Anda jual. Jadi Anda bisa menawarkan produk yang tepat dan sesuai dengan keinginan konsumen. Nah, berikut ini beberapa jenis lipstik yang populer di kalangan masyarakat:

  1. Creamy Lipstik

Lipstik berbentuk krim ini akan menghasilkan polesan yang sedikit mengkilap dan terasa nyaman di bibir. Tingginya kandungan lilin dalam creamy lipstik akan melindungi bibir dari sinar matahari langsung namun juga dapat menyebabkan bibir kering jika penggunaanya berlebihan.

  1. Sheer Lipstik

Sheer atau Gloss lipstik memiliki warna tipis hampir transparan dengan sedikit efek gloosy yang terkesan natural. Lipstik ini membuat bibir terasa lebih segar seperti memakai lip balm namun mudah hilang dan bersifat lengket.

  1. Matte Lipstik

Lipstik ini akan menghasilkan polesan yang terkesan padat dan tidak berkilau. Matte lipstik bersifat tidak lengket, transferproof dan lebih tahan lama namun membuat bibir terasa kering. Untuk itu disarankan untuk menggunakan lip balm atau pelembab bibir sebelum penggunaanya.

  1. Lip Liner

Berfungsi sebagai pembingkai bibir yang hanya digunakan pada bagian pinggir bibir. Sehingga penggunaannya harus diaplikasikan dengan jenis lipstik lain agar memberi kesan bibir lebih bervolume.

  1. Liquid Lipstik

Sesuai dengan namanya, lipstik ini memiliki bentuk cair dan memerlukan kuas aplikator untuk memoleskannya. Liquid lipstik biasanya dikemas dalam tabung dan dianggap lebih praktis digunakan.

  1. Satin Lipstik

Dapat dikatakan merupakan kombinasi matte lipstik dan sheer lipstik, jenis ini terkesan lembut dan tipis. Satin lipstik akan memberikan hasil polesan dengan warna tampak lebih kuat dan tidak mudah hilang.

  1. Frosty Lipstik

Menghasilkan polesan bibir dengan butiran-butiran glitter sehingga mampu memberi kesan glamor. Frosty lipstik akan membuat bibir tampak bercahaya namun terasa kering jika tidak diaplikasikan dengan lip balm sebelumnya.

Dalam menjalankan bisnis jualan lipstik Anda harus siap bersaing dengan para pelaku bisnis lainnya. Untuk itu, selalu tingkatkan kinerja dan pertahankan kualitas serta kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda jual.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *