Tips Membeli Kursi Untuk Interior Rumah Yang Tepat

Tips Membeli Kursi Untuk Interior Rumah Yang Tepat

Kursi memiliki peranan penting di dalam sebuah rumah. Selain sebagai tempat untuk duduk, kursi juga bisa sebagai elemen untuk mempercantik desain atau dekorasi dari sebuah ruangan di dalam rumah tersebut. Kursi memiliki beragam jenis dan juga model. Tapi rata-rata orang pada umumnya membeli sebuah kursi yang berbahan dasar kayu atau dari busa.

Jika kamu ingin membeli satu set kursi tamu, kamu bisa mendatangi toko furniture dan mebel terdekat dari rumah mu. Atau bisa juga di zaman yang modern ini kamu membeli kursi secara online.

Sekarang kamu hanya perlu mengetik kata kunci kursi ruang tamu di marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan semacamnya, maka kamu sudah bisa membeli satu set kursi yang kamu inginkan.

Tips Membeli Kursi Untuk Interior Rumah Yang Tepat

Sebelum membeli sebuah kursi untuk ruang tamu, ada baiknya kamu ikuti beberapa tips yang akan kami berikan pada artikel di bawah ini. Apa saja tips sebelum membeli kursi tersebut? Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

unsplash.com

1. Bahan kursi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan ketika akan membeli sebuah Kursi tamu kayu adalah bahan dasar dari kursi tersebut. Kursi ada yang terbuat dari kayu dan jenis kayu untuk pembuatan kursi ada banyak sekali.

Kayu tersebut antara lain adalah Kayu Mahoni, Kayu Segon, Kayu Jati, Rotan, Kayu Ulin dan masih ada banyak lagi. Selain dari kayu, kursi juga ada yang terbuat secara keseluruhan menggunakan bahan dasar berupa busa. Nah, kamu perlu pertimbangkan untuk membeli kursi dari bahan dasar apa.

Tapi, jika kamu ingin membeli kursi dengan harapan bisa awet dan tahan dalam jangka waktu bertahun-tahun, ada baiknya kamu membeli kursi dari bahan kayu Jati. Karena kayu tersebut memiliki tektur yang kuat serta keras dan tahan terhadap jamur dan serangan hewan serangga seperti rayap dan semacamnya.

2. Model

Hal berikutnya yang harus kamu petimbangkan sebelum membeli kursi adalah model dari kursi tersebut. Ada banyak sekali model dari kursi yang beredar di pasaran. Mulai dari model yang modern, klasik atau minimalis.

Belakangan ini, kursi dengan model minimalis banyak di minati orang-orang lantaran bentuknya lebih sederhana namun tetap memiliki kesan indah dan juga elegan.

3. Ukuran kursi dan ruang tamu

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan adalah ukuran dari kursi tersebut beserta dengan panjang dan lebar dari ruang tamu di rumah mu. Jangan sampai kamu memesan kursi yang memiliki ukuran terlalu panjang dari ruang tamu.

Kamu harus menyesuaikan ukuran ruang tamu dan juga kursi tersebut. Jika memang ruang tamu di rumah memiliki luas yang maksimal, kamu bisa membeli kursi dengan ukuran yang paling panjang.

Namun, jika ruang tamu di rumah tidak terlalu lebar dan cenderung sempit, ada baiknya kamu membeli kursi dengan model dan ukuran yang minimalis saja. Pada intinya, sesuaikan ukuran kursi tersebut dengan ruang tamu yang ada di dalam rumah mu tersebut agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil kursi tersebut.

unsplash.com

4. Desain kursi

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kursi adalah desain dari kursi tersebut. Kamu bisa menyesuaikan desain kursi dengan ruang tamu agar bisa sinkron dan selaras. Sesuaikan juga dengan kenyamanan mu.

Karena untuk apa membeli kursi dengan desain yang unik dan antimainstream akan tetapi kamu tidak merasa nyaman duduk di kursi tersebut. Pilih saja desain yang sesuai dengan keinginan mu dan juga kenyamanan mu.

5. Budget

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan sebelum membeli kursi adalah budget. Jika kamu memiliki budget yang cukup banyak, kamu bisa membeli kursi dengan harga yang paling mahal dan terbaik. Namun, jika kamu hanya memiliki budget pas-pasan, ya kamu beli yang sesuai dengan isi uang di rekening mu saja bung. Pada intinya, sesuaikan dengan budget sebelum membeli sebuah kursi.

Tips Perawatan Kursi Kayu

Itulah beberapa tips sebelum membeli sebuah kursi. Berikutnya akan kami berikan beberapa tips cara merawat kursi kayu tersebut agar bisa awet dan bertahan dalam waktu lama serta tidak mudah rusak.

unsplash.com

1. Bersihkan kursi

Tips merawat kursi pertama yang kami berikan adalah kamu harus secara rutin membersihkan kursi tersebut dari debu-debu. Cara membersihkan kursi dari debu terbilang cukup mudah dan simple. Kamu hanya memerlukan sebuah kuas kecil untuk membersihkan kursi tersebut. Selain itu, kamu juga bisa gunakan cairan khusus untuk membersihkan sebuah furniture.

2. Tata letak kursi

Usahakan kamu meletakan kursi kayu tersebut di tempat yang teduh. Karena hal ini akan membuat warna dari kayu pada kursi tersebut agar tidak kusam atau agar tidak luntur.

3. Cat ulang

Tips merawat kursi berikutnya adalah mengecat ulang kuris tersebut. Jadi, semisal warna dari kursi tersebut terlihat pudar dan tidak sebagus waktu awal membeli, kamu bisa mengecat ulang kursi kayu tersebut agar menjadi bagus dan indah seperti sediakala lagi.

4. Mencuci perlengkapan kursi

Jika kursi milik mu di lengkapi dengan bantal dan semacamnya, usahakan mencuci perlengkapan tersebut jika di rasa sudah kotor dan kusam.

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk mu. Sekian dan terima kasih.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *