Tips Mudah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Tips Mudah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Tidak bisa dimungkiri bubur kacang hijau merupakan salah satu makanan yang cukup favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda tips dan cara membuat bubur kacang hijau dengan mudah? Ikuti panduannya berikut ini.

Untuk bahan, Anda bisa menyiapkan kacang hijau kurang lebih 250 gram. Jangan lupa untuk mencuci dan merendam lebih dahulu selama 1 jam.

Siapkan air mineral 2 liter. Sediakan pula gula merah sebanyak 100 gram, iris-iris gula merah agar halus. Siapkan juga santan kental kurang lebih 150 ml. Siapkan gula pasir 4 sendok makan, dan garam 1 sendok teh. Sebagai penyedap siapkan 2 cm jahe yang dimemarkan, dan 2 lembar daun pandan.

Cara Membuat:

  • Gunakan 1 liter air mineral untuk merebus kacang hijau hingga empuk. Setelah matang sisihkan dulu.
  • Gunakan 500 ml air untuk melarutkan gula merah dan gula pasir dengan cara direbus. Setelah masukkan ke dalam kacang hijau tadi. Jangan lupa pakai saringan.
  • Selanjutnya rebus kembali kacang hijau tadi. Kali ini masukkan santan dan daun pandan. Masukkan pula jahe dan daun pandan. Aduk dan tunggu hingga santan berbusa.
  • Bubur kacang hijau siap dinikmati.

Anda bisa menambahkan bahan lain ke dalam bubur yang akan disajikan. Misalnya ketan hitam yang sudah dimasak terlebih dahulu. Bisa juga menambahkan potongan roti tawar. Selamat menikmati.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *