Panduan Menentukan Ukuran Foto Polaroid

Panduan Menentukan Ukuran Foto Polaroid

Sekarang lagi tren foto dengan kamera polaroid di kalangan anak milenial. Apa itu kamera polaroid? Jadi, kamera polaroid adalah kamera yang terisi film berupa plastik negatif yang tertutupi bahan kimia yang reaktif. Ketika Anda menggunakan kamera polaroid, disaat penjepretan, roller didalam kamera akan menghilangkan negatif dari film dan menahannya didepan lensa kamera. Hasilnya akan berupa positive print hanya dalam beberapa detik! Nah, sekarang pertanyaannya adalah, berapa sih ukuran foto polaroid?

Tentang Kamera Polaroid

Pada dasarnya, kamera polaroid adalah kamera yang memerlukan film agar dapat mencetak hasilnya secara langsung dalam bentuk positive film. Berbeda dengan kamera digital, dimana hasil jepretan hanya berupa file yang bisa dicetak nantinya. Beberapa alasan untuk menggunakan kamera polaroid adalah:

  • Komposisi

Kamera polaroid secara biaya memang lebih mahal dibandingkan kamera digital. Memang membutuhkan waktu lebih agar foto untuk develop. Hal ini tidaklah buruk, karena akan memberikan Anda lebih banyak pertimbangan tentang komposisi foto sebelum menjepret.

unsplash.com
  • Tidak Terprediksi

Apabila Anda mengikuti sesuai instruksi, Anda akan mendapatkan hasil yang tidak terduga dan mengejutkan. Teknik-tekniknya hanya terbatas oleh imajinasi Anda. Dengan menggunakan kamera polaroid, sebaiknya Anda lebih mengeksplor teknik-teknik baru yang fresh dan baru.

  • Hasil Foto Lebih Soft

Kamera digital memiliki banyak sensor sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang detil dan sangat tajam. Berbeda dengan kamera polaroid, dimana foto yang diambil akan menjadi soft. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme yang terjadi antara kecepatan film dengan cahaya. Estetik yang soft akan membuat foto terlihat lebih menarik.

unsplash.com

Ukuran Foto Polaroid

Untuk ukuran foto polaroid secara umum lebar dan ukuran area fotonya 2,890 x 3574 inch dan ukuran area total 4,051 x 3,996 inch. Film sendiri dibagi menjadi 2 format yang tersedia untuk kamera instax, yaitu instax mini dan instax wide. Kedua format ini tidak dapat dicampur atau ditukar, misalnya film pada instax mini digunakan pada instax wide dan sebaliknya. Format film wide berukuran 3,4 x 4,3 inch dengan area foto 2,4 x 3,9 inch.

Kamera Polaroid Terbaik

Meskipun revolusi digital telah menyapu bersih tren kamera analog (salah satunya kamera polaroid), namun hari ini masih banyak orang yang menggemari kamera polaroid ini. Meskipun kamera digital mampu menghasilkan foto yang lebih presisi, namun banyak orang yang lebih menyukai foto dengan visual yang lebih vintage.

Tak hanya dari segi visual, beberapa orang juga menggunakan kamera polaroid untuk bernostalgia, mengenang masa-masa dimana kamera analog menjadi trendsetter. Nah bagi Anda yang tertarik untuk membeli kamera polaroid, berikut kami bagikan list kamera polaroid terbaik di pasaran!

  • Fujifilm Instax Mini 9

Jika Anda membutuhkan kamera polaroid berkualitas dengan harga tak terlalu mahal, maka pilihlah Fujifilm Instax Mini 9. Dengan desain khas vintage modern, kamera polaroid satu ini sangat layak dimiliki bagi mereka yang gemar dengan hasil foto retro. Sistem input-nya sangat sederhana, dimana pengguna bisa dengan mudah mencetak foto langsung dari kamera.

Salah satu elemen paling keren dari kamera analog satu ini yaitu adanya cermin didepan kamera sehingga memudahkan saat selfie. Ada banyak pilihan warna, dimana Anda bisa memilih warna yang paling catchy.

unsplash.com
  • Polaroid OneStep 2

Jika Anda butuh kamera polaroid original maka belilah Polaroid OneStep 2. Kamera satu ini terinspirasi dari desain kamera retro OneStep pada era 70an. Alhasil, kamera polaroid satu ini sangat mudah digunakan. Hasil cetakan berukuran besar karena menggunakan film I-Type. Selain itu Anda ‘pun bisa menggunakan film polaroid original saat menggunakan Polaroid OneStep2 ini.

  • Leica Sofort Instant Camera

Jika Anda butuh kamera profesional berkualitas, namun sekaligus menyediakan fitur kamera instan dengan film polaroid, maka Leica Sofort Instant Camera merupakan pilihan yang tepat. Meskipun harganya mahal, namun setelah memiliki handset satu ini, Anda tidak akan tergoda untuk memiliki kamera polaroid lainnya.

Dibanding kamera polaroid lainnya, Leica Sofort Instant Camera memiliki menu navigasi yang lebih intuitif, sehingga memudahkan pengguna. Meskipun dibanding kamera polaroid lain, harga Leica Sofort Instant Camera sedikit lebih mahal, namun Leica Sofort Instant Camera merupakan kamera termurah yang diproduksi Leica. Leica sendiri dikenal sebagai produsen kamera paling berkualitas di dunia.

Jadi, itulah ukuran foto polaroid! Pada kamera polaroid juga ada opsi untuk memperbesar ukuran foto. Yuk baca artikel kami yang lain untuk mengetahui lebih banyak tentang ukuran foto.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *