Inilah Urutan Penggunaan Skincare, Jangan Tertukar Ya!

Inilah Urutan Penggunaan Skincare, Jangan Tertukar Ya!

Melakukan perawatan untuk wajah sangatlah penting. Selain untuk menambah kecantikan tapi juga merawat kesehatan kulit. Banyak wanita yang menggunkan produk skincare lebih dari satu, tapi masih banyak yang keliru dalam menggunakannya.

Padahal, urutan penggunaan skincare yang salah dapat mengurangi efektivitas produk yang kamu gunakan. Kulitmu juga bisa mengalami iritasi dan dehidrasi akibat urutan skincare yang slaah.

Urutan Skincare Yang Baik dan Benar

pixabay.com

Yuk, simak urutan  skincare di bawah ini, perhatikan baik-baik lalu lakukan sesuai urutan ya.

Cleanser

Cleanser ini penting banget loh gengs buat wajah kalian. Berguna untuk membersihkan wajah dari segala jenis kotoran, debu dan makeup yang seharian nempel di wajah kamu.

Cleanser juga ada banyak jenisnya, mulai dari foam cleanser, oil cleanser, milk cleanser, micellar water, dan yang lainnya. Namun, tidak semua cleanser cocok dengan kulitmu.

Foam cleanser memiliki tekstur yang ringan. Biasanya berupa krim atau gel yang kemudian jika digunakan akan menghasilkan banyak busa. Cleanser ini berfungsi menyerap minyak berlebih pada wajah, yang cocok digunakan untuk kulit berminyak.

Oil cleanser cocok untuk digunakan untuk semua jenis kulit. Untuk kamu yang punya tipe kulit berminyak juga bisa menggunakan oil cleanser sebagai pembersih wajah loh. Pada dasarnya pembersih ini membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori secara maksimal tanpa meninggalkan efek kering setelah penggunannya.

Water cleanser, atau yang sering kita sebut dengan micellar water ini sekarang menjadi salah satu jenis pembersih yang digandrungi oleh para pecinta skincare. Berbentuk cair seperti air ini, micellar water ampuh untuk membersihkan debu, kotoran dan makeup yang dibantu dengan molekul-molekul yang ada dilamnya. Micellar water cocok untuk wajahmu yang kering dan sensitif.

Toner

pixabay.com

Toner merupakan salah satu skincare yang berupa cairan dengan bahan dasar air yang mengandung beberapa bahan aktif yang bisa membantu mengatasi masalah-masalah di kulitmu.

Menggunakan toner setelah cleanser setiap pagi dan malam hari dapat membantu mengangkat sisa-sisa makeup yang belum terangkat oleh pembersih wajah. Sehingga penggunaan toner ini dapat membantu kamu mendapatkan kulit yang lebih bersih dan cerah.

Toner juga dapat membantu menyeimbangkan pH kulit yang dapat membuat skincare lainnya bekerja lebih efektif. Dengan menggunakan toner secara rutin juga dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga wajah menjadi lebih kencang.

Meskipun toner dapat digunakan setiap pagi dan malam hari, tapi kalau kulitmu merupakan kulit yang kering, ada baiknya memakai toner pada malam hari saja. Penggunaan toner pada malam hari  akan menghapus sisa-sisa kotoran dan makeup di wajah dan dapat membantu dalam proses pembaruan kulit.

Essence

Untuk kamu yang masih baru dalam dunia skincare, mungkin belum tahu apa sih manfaat dari essence? Menurut dokter kulit di New York, Rachel Nazarian, essence sendiri berfungsi untuk membantu produk skincare selanjutnya agar meresap lebih baik dan lebih efisien. Selain itu, essence juga dapat membantu menenangkan iritasi, melembabkan kulit, dan juga mencegah adanya penuaan dini. Essence dapat digunakan pada siang dan malam hari.

Serum

Sebenarnya, essence dan serum mempunyai fungsi yang hampir sama, yaitu melembabkan dan menghaluskan serta membantu membuat rona wajah lebih merata. Tekstur serum sendiri lebih kental dibanding dengan essence.

Meskipun begitu, serum dan essence mempunya sedikit perbedaan fungsi. Serum berfungsi sebagai pelembab yang ringan yang dapat meresap jauh ke dalam kulit. Serum dibuat khusus untuk memperbaiki masalah kulit wajah yang lebih spesifik dibanding dengan essence.

Beberapa serum yang mengandung vitamin C dapat membantu menyamarkan flek dan noda hitam di wajah. Sedangkan serum yang mengandung asam hialuronat dapat berfungsi untuk mengatasi kulit kering.

Essence dan serum sebaiknya dipakai secara berurutan, dengan essence terlebih dahulu karena teksturnya yang lebih ringan dibanding serum. Essence dipakai setelah kamu mencuci muka dengan cleanser, lalu dilanjutkan dengan pemakaian toner.

Penggunaan serum pada pagi hari dilakukan sebelum mengaplikasikan makeup pada wajah, sedangkang pada malam hari digunakan sebelum kamu tidur ya gengs. Jangan lupa juga, pakai serum secukupnya, jangan terlalu banyak ya, karena serum mengandung zat aktif yang cukup tinggi.

Eye cream

Seperti namanya, eye cream atau krim mata adalah pelembab yang khusus digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata. Menggunakan krim mata ini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah, seperti adanya garis-garis halus, keriput, dan lingkaran hitam pada sekitar area mata.

Selain itu, krim mata mengandung banyak bahan aktif yang akan membantu mengatasi permasalahan kulit di sekitar mata.

Eye cream juga dapat melembabkan kulit, meningkatkan produksi kolagen serta membantu memperlancar sirkulasi darah di sekitar mata. Untuk matamu yang membengkak karena kebanyakan nonton drama, menangis atau begadang kamu juga bisa gunakan eye cream bisa mengurangi mata bengkakmu loh.

Eye cream memang cocok untuk segala jenis kulit, tapi sebelum kamu membeli krim mata, pastikan kamu tau kondisi kulit sekitar matamu. Apalagi kalau kamu mempunyai kulit yang sensitif dan rentan terkena iritasi mata, ada baiknya untuk memisahkan krim matamu dengan pelembab wajah ya.

Pilihlah produk yang tidak mengandung pewangi yang dapat memicu iritasi pada sekitar mata.

Krim Pagi dan Malam

pixabay.com

Dalam dunia skincare, pelembab atau moisturizer menjadi salah satu yang wajib dan harus ada di daftar skincare rutin. Selain untuk mencegah kulit kering, menggunakan moisturizer juga dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti mencegah kerutan dan garis halus sampai mencjaga agar kulit tetap kencang.

Ada dua jenis pelembab yang dapat kamu pakai secara rutin, day and night cream.

Day cream, atau krim pagi digunakan pada pagi hari. Day cream memiliki kandungan yang dapat melindungi wajahmu dari polusi dan melindungi dari terpaan sinar matahari. Karena krim pagi digunakan sebelum kamu pakai makeup, biasanya skincare ini memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket serta mudah menyerap di kulit.

Seperti namanya, night cream digunakan pada malam hari sebelum kamu tidur. Krim malam ini mempunyai tekstur yang lebih tebal dan berat dibanding krim pagi. Karena mempunya tekstur yang lebih berat, penggunan krim malam digunakan setelah cleanser, toner, serum baru menggunakan krim malam.

Biasanya, krim malam mempunyai kandungan aktif yang berfungsi untuk mencegah adanya penuaan dini serta megoptimalkan proses regenerasi.

Jangan gunakan night cream pada pagi hari atau sebaliknya ya, karena kandungan yang ada di setiap krim berbeda. Jika krim malam digunakan pada siang hari, ini dapat menimbulkan reaksi terhadap paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan iritasi.

Jadi… itulah urutan skincare rutin yang pastinya gak boleh kamu lewati gengs. Kamu baleh menambahkan urutan skincare, tapi jangan sampai tertukar ya! Dan semua produk terbaik dari skincare ini bisa kamu dapatkan di Produk dari Lacoco Nasa.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *