Wisata Semarang Ungaran

Wisata Semarang Ungaran

Sebagai salah satu sudut paling asri dari Semarang, Ungaran merupakan kota yang terletak di sisi selatan dari Kota Semarang. Kota ini memiliki salah satu gunung yang menjadi primadona untuk refreshing dan healing bagi orang-orang yang sumpek dengan keadaan kota serta mencintai alam.

Oleh karena itu Kota Ungaran didominasi dengan beragam wisata alam, mulai dari gunung, air terjun, hingga keasrian hutan. Selain itu, ada pula wisata air yang juga lengkap dengan paket kesejukan udara dan paduan alam sekitar. Wisata kuliner sebagai tambahan serta oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang ialah tahu bakso ungaran yang endeus.

Hiking di Gunung Ungaran

Bagi Anda yang menyukai paduan antara kesejukan udara di wisata alam dan tantangan, Anda bisa mencoba dengan hiking atau mendaki Gunung Ungaran. Gunung yang memiliki tinggi hingga 2.050 mdpl ini dapat Anda daki dengan cara tik-tok atau sekadar naik lalu turun tanpa bermalam, maupun bermalam dengan mendirikan tenda di puncaknya.

Jalur yang cukup mudah ini dapat dijadikan sebagai awalan bagi para pendaki pemula. Meski demikian, Anda tetap memerlukan pendamping yang lebih profesional. Pemandangan yang dapat dilihat dari puncak gunung ini ialah Kota Semarang dan Laut Jawa di sisi utara. Saat malam hari dengan catatan cuaca yang cerah tanpa kabut, gemerlap Kota Semarang dapat terlihat jelas.

Sementara di sisi lainnya, Anda dapat melihat ialah deretan gunung mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Sumbing, Sindoro dan Prau. Deretan gunung ini juga dilengkapi dengan lanskap Rawa Pening yang tenang.

Keberadaan Gunung Ungaran membantu dalam memberikan rumah pada beragam flora dan fauna yang kini keadaannya semakin kritis. Keasrian ekosistem yang masih terjaga membuat beberapa jenis hewan dan tumbuhan masih dapat ditemui di sana. Selain itu, Gunung Ungaran juga menyimpan cadangan air atau tempat resapan air wilayah sekitarnya.

pxhere.com

Menikmati Kesejukan Hutan Penggaron

Menginginkan ketenangan dan kesejukan tanpa perlu bercapek-capek hiking, Anda bisa mengunjungi Hutan Penggaron. Pepohonan yang rimbun serta udara yang sejuk akan membantu proses refreshing usai penat bekerja maupun beraktivitas. Selain itu suara-suara hewan di hutan juga akan memberikan efek ketenangan tersendiri bagi Anda.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan berbagai spot foto alami yang menjadikan foto Anda bernuansa alami dan segar. Hutan pinus yang rimbun selalu menjadi pemandangan yang menarik orang-orang, baik untuk sekadar menikmatinya dan mendengarkan suara dahan yang saling bersinggungan maupun menjadikannya objek foto.

Pemandangan lapangan rumput hijau akan menjernihkan pikiran. Lapangan rumput ini merupakan bekas lapangan golf. Di lapangan rumput ini pula Anda bisa mendirikan tenda ataupun menggelar tikar untuk berpiknik. Lapangan ini memang kerap difungsikan sebagai camping ground maupun pramuka.

Anda dapat mengadakan kegiatan seperti camping maupun outbond di sini. Untuk mengadakan kegiatan di sini, Anda hanya perlu membuat pemberitahuan sekaligus meminta ijin pada petugas. Dengan demikian selama kegiatan berlangsung akan turut dijaga oleh petugas.

pxhere.com

Air Terjun Semirang

Semarang juga memiliki air terjun yang kerap tak diketahui oleh orang-orang. Terletak di Dusun Gogik Kecamatan Ungaran Barat, Air Terjun Semirang merupakan salah satu air terjun yang masih sangat asri. Keindahan air terjun ini merupakan salah satu keindahan alam yang tersembunyi dari Semarang.

Lokasi air terjun yang cukup sulit untuk dijangkau akan cocok untuk Anda yang menyukai tantangan. Dari parkiran, Anda perlu melakukan tracking selama kurang lebih 1 jam. Anda akan mengikuti aliran sungai dan mendaki beberapa bukit serta melewati lereng yang cukup terjal. Namun usaha ini akan terbayar dengan indah dan sejuknya Air Terjun Semirang.

Selama perjalanan pun Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata Anda. Ditambah lagi, sejuknya udara dan rimbunnya pepohonan serta beberapa hewan yang dapat Anda temui di sana.

pxhere.com

Berenang di Watu Gunung

Watu Gunung merupakan salah satu objek wisata air yang berupa kolam dengan dekorasi batuan yang mengelilingi kolam. Batuan ini merupakan batuan vulkanik atau hasil dari letusan gunung. Oleh sebab itu objek wisata ini disebut sebagai Watu Gunung atau dalam Bahasa Indonesia berarti batu gunung.

Objek wisata ini berawal dari tanah gersang yang sulit mendapatkan air. Atas inisiatif pemilik tanah, maka dibangunlah villa dengan kolam yang sejuk ini. Namun lama-kelamaan villa tersebut beralih fungsi menjadi objek wisata umum.

Kolam dengan air biru jernih ini dikelilingi dengan pepohonan yang rimbun dan menghalau sinar matahari yang terik. Selain itu suasana adat Jawa yang dibangun dengan kental turut membangun suasana damai dan tentram. Suasana ini akan sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat.

Untuk mencapai objek wisata yang tersebut di atas, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat. Hal ini dikarenakan akses yang cukup sulit dan jarangnya kendaraan umum yang melewati rute tersebut. Solusi lainnya bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi ialah menggunakan jasa sewa bus Semarang, sewa motor ataupun sewa mobil plus supir.

Sementara itu bagi Anda yang datang bersama rombongan besar, Anda bisa menggunakan sewa bus Semarang. Namun pastikan untuk memilih bus yang tepat dan sesuai agar tidakterjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu diperlukan pengecekan pada kendaraan agar tidak mogok.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *