Yuk Kenali Apa Itu Kain Blacu

Yuk Kenali Apa Itu Kain Blacu

Kain blacu merupakan salah satu jenis kain yang memiliki kualitas yang sangat rendah. Anda akan mudah untuk menemukan kain satu ini karena biasa dijual di pasaran. Untuk mengenalinya, kain satu ini biasanya dijual dalam keadaan grey atau belum diputihkan. Bagi anda yang masih bingung tentang kain yang bernama blacu ini, maka dalam artikel kali ini akan diulas mengenai apa yang dimaksud dengan blacu. Berikut simak ulasannya.

Sekilas Tentang Kain Blaco

Kain yang juga akrab disapa dengan kain blaco, merupakan salah satu jenis kain dasar yang berasal dari kain mori. Kain mori sendiri adalah kain tenun yang berwarna putih yang pada umumnya terbuat dari kapas dan dipakai sebagai bahan untuk membuat batik. Untuk jenisnya sendiri, terdapat dua jenis kain mori yang dikenal oleh masyarakat. Pertama adalah kain mori yang telah mengalami proses pemutihan atau bleaching dan kain mori yang belum diputihkan.

Pada era 1960 hingga 1970-an, kain mori merupakan salah satu kain yang cukup populer dipakai untuk bahan membuat pakaian. Nah, untuk kain yang belum mengalami proses pemutihan tersebut itulah yang biasanya dikenal dengan istilah kain blacu. Untuk kain jenis ini sendiri, sebagian besar telah dihasilkan dan diproduksi di dalam negeri. Kain ini merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari kapas sehingga nantinya akan sangat aman untuk digunakan.

Fungsi Dan Kegunaan Dari Kain Blaco

Kain blaco ini pada awalnya digunakan sebagai kain untuk menyaring kedelai pada proses pembuatan tahu. Selain itu, kain satu ini juga kerap dijadikan untuk pembungkus, seperti pada pembungkus tepung tapioka yang pada umumnya dahulu menggunakan kain blaco. Setelah itu, seiring dengan berjalannya waktu maka bahan blacu pun menjadi bahan yang cukup populer.

Untuk saat ini, kain blaco kerap kali digunakan sebagai salah satu bahan baku untuk membuat berbagai macam kerajinan. Mulai dari tas blacu hingga menjadi berbagai souvenir pernikahan ataupun acara ulang tahun. Dengan peluang tersebut, maka banyak pula pengrajin yang memanfaatkan bahan blacu ini untuk membuat sebuah kerajinan yang bernilai ekonomis.

Selain itu, kain blacu pun dapat digunakan sebagai tas untuk pengganti kantong plastik. Tas tersebut tentunya dapat digunakan untuk berbelanja dan pastinya dapat menjadi bentuk kesadaran bagi anda untuk menjaga lingkungan sekitar, yakni dengan mengurangi sampah sekali pakai. Hal ini disebabkan tas blacu mampu bertahan lama dan bisa digunakan secara berkali-kali.

Tah hanya itu, kain satu ini juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat gorden ataupun taplak meja dan juga berbagai kerajinan lain yang menggunakan bahan dengan dasar blacu. Selain itu, kain satu ini juga tidak bisa berwarna-warni, oleh karenanya untuk mendapatkan kain warna-warni maka tentu saja akan melalui proses pewarnaan. Untuk itu, kain blaco yang telah melalui tahap pewarnaan tentunya tidak bisa disebut sebagai bahan blacu.

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *