Yuk Simak Ciri Cici Domba Texel Yang Harus Anda Tau

Yuk Simak Ciri Cici Domba Texel Yang Harus Anda Tau

Selain domba garut yang terkenal dengan tanduknya yang tangkas, ada lagi domba asal Wonosobo yang bulunya sangat cantik. Sebenarnya domba ini berasal dari Belanda, yang didatangkan pada tahun 1995 ke Indonesia. Sayangnya 500 domba yang disebar di berbagai wilayah ini, tidak bisa hidup dengan jangka waktu yang lama. Namun, di Wonososbo Domba Belanda ini dapat berkembangbiak dengan baik hingga saat ini. Nah apa saja ciri domba texel ini ? Yuk simak ulasannya!

Kenali Karakteristik Domba Asal Belanda

  1. Bulu Berwarna Putih yang Spiral

Berbeda dengan domba pada umumnya, domba asal Belanda ini memiliki karakteristik bulu yang berbeda. Bulu domba asal Belanda ini berwarna putih dan menyelimuti hampir seluruh tubuh domba. Selain itu bulu domba juga memiliki bentuk bulu yang keriting dan memiliki pola bulu yang spiral serta halus. Tak heran jika bulu domba Wonosobo bisa dimanfaatkan untuk bahan produksi kain wol.

  1. Telinga yang Kecil

untuk memastikan domba belanda atau bukan, kamu bisa melihat telinganya. Domba pada umumnya memiliki telinga yang panjang dan jatuh di samping tanduk, namun tidak dengan domba Belanda ini. Telinga domba belanda memiliki bentuk yang kecil, pendek dan berbentuk runcing. Bisa dikatakan domba ini tidak memiliki telinga yang menonol seperti domba pada umumnya.

  1. Tidak Bertanduk

Jika domba garut memiliki ciri yang khas dengan tanduknya, maka domba texel tidak memiliki tanduk lho. Jadi sangat gampang untuk membedkaan domba Belanda dengan domba sayur pada umumnya. Jika pada umumnya domba akan unggul denga tanduk yang dimilikinya, domba belanda justru tidak memiliki tanduk. Hal inilah yang cukup memudahkan para pembeli untuk membedakan domba taxel dengan domba lainya.

  1. Kepala yang Ramping

Anda juga bisa mengenali domba belanda dari bentuk kepalanya. Hampir sama dengan domba kebanyakan yang ada di Indonesia, domba Belanda memiliki bentuk kepala yang lebar jika dilihat dari samping. Jika dilihat dari depan, bentuk kepala domba akan terlihat sempit dan ramping yang memanjang dengan tulang mata yang menonjol. Selain itu, tubuh domba juga berukuran besar dan memiliki leher yang panjang.

  1. Kaki Tidak Berbulu

Meskipun memiliki bulu yang bisa digunakan untuk membuat kain wol, tidak semua bagian tubuh Domba Texel memiliki bulu. Bagian tubuh domba yang tidak berbulu ini ada di sekiaar bawah perut domba dan dibawah keempat kaki domba. Memiliki ekor yang kecil, domba Wonososbo merupakan hewan dengan tingkat berkembangbiak yang cukup cepat.

Selain memiliki keunggulan pada bulu wol, domba asal Belanda ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh domba lain. Keunggulan ini terletak pada kulit domba yang tipis, lentur dan berkualitas bagus. Domba jenis ini juga cocok untuk dikembangkan sebagai aset wisata. Dengan memiliki berbagai keunggulan ini, tak heran jika domba belanda menjadi incaran bagi beberapa orang. Apakah anda tertarik untuk mengembangbiakkan jenis domba satu ini?

Author Image
Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *